Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Nusantara GLP (Global Leadership Program) For Ustadz: Lahirkan Pendakwah Kelas Dunia

Tuesday, July 6, 2021 | July 06, 2021 WIB Last Updated 2021-07-05T23:15:58Z

 



Oleh  Imam Shamsi Ali* 

NUSANTARA  Foundation tidak terhalangi oleh Pandemi Covid 19 untuk terus melangkah, berkarya untuk kemaslahatan Umat dan agama. Tentu dalam kapasitas dan batas-batas yang dimilikinya. Bagi Nusantara perjuangan tidak boleh terhenti hingga Allah menentukan yang lain. 

Mulai musim panas ini misalnya Nusantara justru menginisiasi beberapa rangkaian acara. Satu di antaranya adalah GLP for Ustadz atau Global Leadership Program (Program Kepemimpinan Global) khusus dibentuk untuk pada Tokoh Islam muda Indonesia. 

Alhamdulillah sebagai angkatan perdana dengan persiapan yang sangat singkat, program menargetkan sementara hanya 5 peserta. Ternyata pendaftaran yang hanya dibuka dalam waktu seminggu itu harus ditutup karena pendaftar melebihi ekspektasi kita. 

Sebanyak 30-an pendaftar yang lolos masuk seleksi dan hanya 7 orang yang diterima. Dari 7 inipun seperti target semula hanya 5 orang yang diberangkatkan. 

Program Kepemimpinan Global ini menjadi bagian dari upaya Nusantara untuk memberikan akses bagi anak-anak bangsa yang ingin mencari pengalaman, sekaligus bagian dari upaya pengembangan wawasan. Sesuatu yang  pastinya menjadi tuntutan dalam dunia yang semakin mengglobal ini. 

Jika dalam 3 tahun terakhir, kecuali di tahun 2020 karena Pandemi, Nusantara mensponsori para pelajar SMA dari sekolah Insan Cendekia Madani. Saat ini Nusantara mensponsori para ustadz muda. Tentu untuk sebuah tujuan dan target yang sama. 

Hanya saja program untuk para Ustadz kali ini menjadi unik karena waktunya persis bersamaan dengan pelaksanaan program pesantren musim panas di Pesantren Nur Inka Nusantara Madani. Sehingga peserta GLP sekaligus akan sharing ilmu dan pengalaman kepada peserta pesantren Musim Panas itu. 

Selain itu, para Ustadz muda ini dijadwalkan untuk melakukan kunjungan-kunjungan ke beberapa kota di US bagian Timur. Di antara kota yang akan dikunjungi adalah Kota New York, Washington DC dan juga Boston. 

Pada kunjungan ke kota-kota itu mereka akan melakukan pertemuan dan Dialog dengan tokoh-tokoh agama dunia. Di kota New York misalnya peserta GLP dijadwalkan untuk bertemu dan berdialog dengan Rabbi Marc Schneier, salah seorang tokoh Yahudi yang berpengaruh dan partner saya dalam program Dialog Yahudi-Muslim di Amerika Serikat. 

Selain itu mereka juga akan melakukan kunjungan ke beberapa universitas Amerika . Di antaranya Yale, Hartford Seminary, Harvard, MIT, Colombia, dan lain-lain. Hanya saja kunjungan ini bersifat biasa karena memang musim sedang dalam liburan panjang (musim panas) di Amerika. 

Peserta GLP juga akan mendapatkan materi Dakwah dan perkembangan Islam di Amerika. Materi ini mereka akan dapatkan langsung dari beberapa tokoh dan aktifis Muslim di Kota New York. Mereka akan berkunjung ke beberapa masjid dan Imam terkenal untuk berdialog tentang Dakwah di Amerika. 

Dan dapat dipastikan bahwa program ini walaupun padat dan serius, namun juga penuh dengan kegiatan yang bersifat fun (menghibur). Kunjungan ke tempat-tempat rekreasi yang terkenal seperti Liberty, Central Park, WTC di kota New York, Capital Hill dan White House di Washington DC akan menjadi pengalaman unik dan menarik bagi peserta. 

Harapannya semoga program penting Nusantara ini menjadi salah satu jalan bagi Pemimpin masa depan umat untuk memperkuat basis, memperluas wawasan dan menambah pengalaman. Sehingga dalam upaya memperjuangkan kepentingan Dakwah, umat dan agama ke depan mereka memiliki kapasitas yang lebih mumpuni…insya Allah!  (*)

Moodus, 5 Juli 2021 

* Presiden Nusantara Foundation 

Untuk menjadi bahagia dari perjuangan Nusantara, silahkan berikan donasi terbaiknya di: 

BNI Syariah: 887000045
Bank Mandiri: 1240000018185
Bank Syariah Mandiri: 7774454459
A.n: Yayasan Inka Nusantara Madani

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update