Sulit Komunikasi di Tanah Suci? Mungkin Lupa 'On'-kan Roaming!



HAJIMAKBUL.COM - Para jamaah calon haji sejak masuk asrama haji, masuk bandara, hingga tiba di tanah suci seringkali saling berkabar ke saudaranya di kampung halaman. Apalagi saat di Madinah atau Makkah, sehingga mereka sudah menyiapkan segala piranti komunikasi, mulai isi pulsa dan paket data hingga penyetelan handphone untuk memakai internet.
Namun banyak di antara mereka tidak mulus saat berkomunikasi dengan keluarganya di tanah air. Padahal jamaah ingin segera memberi tahu anak dan anggota keluarga lain bahwa dia sudah tiba di Madinah dengan selamat.
Mereka pun tanya sana sini agar bisa menelepon ke tanah air.  Paling banyak mereka jadikan jujukan adalah tim Media Center Haji (MCH) untuk  minta bantuan mengaktifkan paket internetnya.
"Mbak bisa bantu cek HP saya, kenapa tidak bisa kirim WA (Whatsapp-red) ya?" kata  Agus (53), jamaah calon haji asal embarkasi Surabaya saat tiba di Madinah. 
Begitu pula  Eva (46) salah satu petugas haji daerah kerja Madinah yang mengeluhkan kesulitan mengakses internet ketika baru tiba di tanah suci. Hal itu hanya karena tidak tahu caranya saja.
Untuk itu disarankan sebelum berangkat ke tanah suci, jamaah bisa membeli paket data Arab Saudi yang telah banyak ditawarkan oleh provider di tanah air.  Selain itu pastikan pula setelah membeli paket, jamaah juga telah menerima SMS yang menyatakan bahwa paket yang dibeli telah aktif. Bila sudah oke, pasti keluhan seperti disampaikan Eva dan Agus tidak akan terjadi.
Muhammad Haekal Hafiz, perwakilan salah satu provider terkemuka di Indonesia ketika ditemui di gerainya yang berada tidak jauh dari Masjid Nabawi membenarkan hal itu. Dia mengatakan,  registrasi perlu diperhatikan agar jamaah dapat menikmati layanan paket internet selama di tanah suci.
 Lalu mengapa setelah menerima SMS notifikasi paket telah aktif tetapi tidak dapat langsung melakukan aktifitas jelajah internet dan tidak dapat mengakses media sosial.
"Pastikan tombol Jelajah/Roaming dalam posisi ON (hidup) untuk dapat menikmati layanan data di handphone Anda," kata Haekal.
Ia memastikan, setelah data roaming dinyalakan, jamaah dapat menikmati layanan paket data sesuai dengan kapasitas yang dibeli.
""Pulsa akan aman setelah membeli paket roaming haji 3 in 1 atau data only," katanya.
Selain membeli paket data di tanah air, jamaah juga bisa membeli paket data di gerai salah satu provider terkemuka di tanah air yang membuka gerai di sekitaran Masjid Nabawi. Bisa juga membeli kartu lokal (Arab Saudi) yang dapat dijumpai di gerai-gerai di sekitar Masjid Nabawi.
Bahkan ada beberapa provider lokal juga membuka stand di hotel-hotel tempat jamaah menginap. Namun untuk aktivasi kartu lokal, provider lokal akan meminta jamaah untuk menunjukkan paspor dan memindai sidik jari mereka. Ini aturan Arab Saudi yang kadang membuat ribet dalam registrasi paket data. Namun hal yang sama juga diterapkan di tanah air yang memakai nomor KTP. (MCH/hud)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sulit Komunikasi di Tanah Suci? Mungkin Lupa 'On'-kan Roaming!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel