Prewedding Cut Meyriska-Roger Danuarta Tanpa Sentuhan, Bolehkah dalam Islam?


                                                 Foto: Instagram @dierabachir. 

HAJIMAKBUL.COM - Artis Cut Meyriska dan Roger Danuarta segera menikah. Selain sudah menggelar acara lamaran, dua sejoli ini pun telah melakukan foto prewedding. Selama ini momen prewedding masih menjadi pro dan kontra di kalangan umat Islam sebab kedua calon mempelai sebenarnya belum muhrim. Ya wajar, lantaran keduanya memang belum menikah.

Foto prewedding sebenarnya tidak diperbolehkan karena statusnya belum sah. Sehingga berdua-duaan, saling berhias, apalagi bersentuhan yang berlebihan masih belum diperbolehkan, sebab segala sesuatu yang mendekatkan kita pada zina itu dilarang oleh Allah. Hal itu ada pada QS: Al-‘Isra ayat 32:

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

"Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.”

Selama ini calon mempelai melakukan proses foto prewed dengan menggunakan hijab bagi calon mempelai perempuan, namun tetaplah Islam tidak memperbolehkan ikhtilat, yaitu bercampurnya laki-laki dan perempuan dengan tujuan tertentu tanpa adanya batas yang memisahkan mereka. Sahabat Nabi SAW, Syayidina ‘Umar bin Al-Khattab, pernah  berkhutbah di hadapan muslim di Jabiyah, lalu Beliau membawakan hadits Nabi SAW sebagai berikut:

لاَ يَخْلُوَنَّ أَحَدُكُمْ بِامْرَأَةٍ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ ثَالِثُهُمَا وَمَنْ سَرَّتْهُ حَسَنَتُهُ وَسَاءَتْهُ سَيِّئَتُهُ فَهُوَ مُؤْمِنٌ

“Janganlah salah seorang di antara kalian berduaan dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya) karena setan adalah orang ketiganya, maka barangsiapa yang bangga dengan kebaikannya dan sedih dengan keburukannya maka dia adalah seorang yang mukmin.”


Yang menarik, dalam prewedding pasangan artis Cut Meyriska dan Roger Danuarta ini tidak menunjukkan bahwa keduanya bersentuhan seperti dilakukan pasangan lain saat melakuan pemotretan prewedding. Keduanya juga tidak menunjukkan kemesraan yang berlebihan seperti dilakukan artis lain. Selain itu pemotretan prewedding tidak dilakukan di tempat wisata yang penoramanya indah dan eksotis tapi di tempat sederhana dan sebagian di sebuah masjid. Foto mereka ditampilkan di Instagram @dierabachir.  

https://www.instagram.com/p/B0dWBt0nEXC/?utm_source=ig_web_button_share_sheet
https://www.instagram.com/p/B0dAfz2nf7x/?utm_source=ig_web_button_share_sheet


Lihat momen tanpa bersentuhan di antara mereka. Apakah gaya prewed ini dilarang dalam Islam? (gas) 


https://www.instagram.com/p/B0dFgcuHBKL/?utm_source=ig_web_button_share_sheet

https://www.instagram.com/p/B0diTFdHkIv/?utm_source=ig_web_button_share_sheet

https://www.instagram.com/p/B0fBovqHEif/?utm_source=ig_web_button_share_sheet

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Prewedding Cut Meyriska-Roger Danuarta Tanpa Sentuhan, Bolehkah dalam Islam? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel