Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gubernur Khofifah Minta Jamaah Haji Jadi Duta Bangsa

Friday, July 5, 2019 | 20:41 WIB Last Updated 2019-07-05T13:41:20Z

HAJIMAKBUL.COM - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan penyambutan jamaah haji kloter pertama Embarkasi Surabaya di Gedung Mina, Asrama Haji Sukolilo, Kota Surabaya, Jumat (05/07/2019). Jamaah calon haji ini akan diterbangkan ke Tanah Suci Sabtu pagi besok.
Prosesi pemberangkatan jamaah haji kloter pertama yang akan bertolak ke tanah suci pada Sabtu (06/07) dini hari itu dihadiri juga oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali beserta jajarannya, dan Plt Kakanwil Kemenag Jawa Timur.
Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah berpesan kepada para jamaah haji agar nanti selama menjalani prosesi ibadah di Tanah Suci juga menjadi duta bangsa. Maksudnya, jamaah haji diminta mempromosikan hal-hal baik tentang Indonesia di tanah Al Haram.
"Ketika menjalankan seluruh proses ibadah haji di Tanah Suci, bapak dan ibu adalah duta bangsa. Maka tolong semuanya dijaga sebagai satu kesatuan, perwakilan masyarakat dan bangsa," kata gubernur perempuan pertama di Jatim ini.
Khofifah berharap, jamaah haji Indonesia selama di Tanah Suci dapat menjalin komunikasi dengan baik antar sesama jamaah dari berbagai negara. "Sampaikan pesan bagaimana harmonisnya persaudaraan antar umat muslim dan umat beragama lainnya di Indonesia," ujarnya.
Katakan, kata dia, bahwa Indonesia adalah negara yang damai, umat Islam dan antar umat beragama bersaudara dengan baik. "Indonesia adalah negara dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia," tutur Khofifah.
Selanjutnya Gubernur berharap mudah- mudahan seluruh jamaah asal Indonesia dilancarkan ibadah hajinya. "Selamat jalan, Insyaallah menjadi haji mambrur. Matur nuhun rawuhhnya pak menteri," kata Khofifah. (mch)
×
Berita Terbaru Update