Jamaah Haji Jatim Kumpul di Zonasi Jatim, Petugas Berbahasa Jawa


HAJIMAKBUL.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan memberangkatkan jamaah haji kloter 1 Embarkasi Surabaya  Sabtu dini hari besok. Untuk itu Menag Lukman melakukan penyambutan jamaah yang memasuki Asrama Haji Sukolilo,  Surabaya, Jumat (05/07/2019) hari ini. Hadir juga dalam acara itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Dirjen PHU beserta jajaran dan Plt Kakanwil Kemenag Jawa TImur.
Dalam kesempatan itu Menag Lukman menyatakan, pada musim haji 1440H/2019M kali ini ada sejumlah peningkatan pelayanan bagi jamaah haji yang tidak ada pada tahun lalu. 
"Ada yang baru dan tidak dialami jamaah haji tahun lalu, yaitu bahwa panjenegan semua nanti akan tinggal di satu zonasi khusus Jawa Timur. Tahun ini kita menetapkan zonasi berdasarkan provinsi," kata Menag Lukman.
"Dulu ingin bertemu dengan sesama kloter saja cukup susah," tambah Menag lagi. 

Menurut Menag, pada musim haji 1440H/2019 terdapat 7 zonasi sehingga dapat memudahkan koordinasi dengan sesama jamaah maupun petugas. Dan petugas di sana adalah petugas yang menguasai bahasa asal  jamaah.
"Misalnya Jawa Timur ya mengerti dan mengusai bahasa Jawa. Sesuatu yang kita syukuri juga tahun ini untuk pertama kali kita akan pasang AC atau mesin pendingin di tenda-tenda di Arafah. Tahun sebelumnya, tidak ada AC, hanya kipas angin. Upaya ini juga sebagai antisipasi cuaca panas di Tanah Suci," kata Menag. 
Selain itu para jamaah pada musim haji tahun ini tidak perlu repot membawa barang bawaan. Pasalnya seluruh barang jamaah sudah diantar langsung ke penginapan oleh petugas. 
Hal baru lainnya adalah penerapan aplikasi berbasis digital bagi petugas haji demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada jamaah haji. 
"Haji tahun ini kita bersyukur karena banyak perubahan ke arah baik, seperti hotel, makanan dan transportasi. Intinya saya ingin mengajak kita mensyukuri atas inovasi dan peningkatan pelayanan yang terus kita lakukan," tandas Menag. 
Jamaah haji kloter pertama Embarkasi Surabaya asal Kabupaten Magetan akan bertolak ke tanah suci pada Sabtu dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

Duta Bangsa

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga ikut melakukan penyambutan jamaah haji kloter pertama Embarkasi Surabaya di Gedung Mina, Asrama Haji Sukolilo, Kota Surabaya, Jumat (05/07/2019). 
Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah berpesan kepada para jamaah haji agar nanti selama menjalani prosesi ibadah di Tanah Suci juga menjadi duta bangsa. Maksudnya, jamaah haji diminta mempromosikan hal-hal baik tentang Indonesia di tanah Al Haram.
"Ketika menjalankan seluruh proses ibadah haji di Tanah Suci, bapak dan ibu adalah duta bangsa. Maka tolong semuanya dijaga sebagai satu kesatuan, perwakilan masyarakat dan bangsa," kata gubernur perempuan pertama di Jatim ini.
Khofifah berharap, jamaah haji Indonesia selama di Tanah Suci dapat menjalin komunikasi dengan baik antar sesama jamaah dari berbagai negara. "Sampaikan pesan bagaimana harmonisnya persaudaraan antar umat muslim dan umat beragama lainnya di Indonesia," ujarnya.
Katakan, kata dia, bahwa Indonesia adalah negara yang damai, umat Islam dan antar umat beragama bersaudara dengan baik. "Indonesia adalah negara dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia," tutur Khofifah.
Selanjutnya Gubernur berharap mudah- mudahan seluruh jamaah asal Indonesia dilancarkan ibadah hajinya. "Selamat jalan, Insyaallah menjadi haji mambrur. Matur nuhun rawuhhnya pak menteri," kata Khofifah. (mch)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jamaah Haji Jatim Kumpul di Zonasi Jatim, Petugas Berbahasa Jawa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel