Lagi-lagi Artis Tertipu Travel Umrah



HAJIMAKBUL.COM - Sejumlah artis sudah pernah menjadi korban penipuan dari travel - biro perjalanan umrah. Namun tetap saja masih ada artis kena tipu hal yang sama. Apalagi masyarakat awam, ditengarai masih akan terjerat penipuan berkedok umrah ini.

Karena itu, masyarakat diminta berhati-hati saat mendaftar ke biro umrah atau ditawari berangkat umrah dengan harga murah. Saat ini masih ada promo umrah harga Rp 17 juta bertebaran ditempel pada spanduk atau selebaran di pingir-pinggir jalan. Padahal, Kementerian Agama mensyaratkan minimal biaya umrah Rp 20 juta.

Paling anyar artis peran Okie Agustina dan suami Gunawan Dwi Cahyo menjadi korban penipuan salah satu biro travel umrah. Okie seharusnya berangkat umrah pada 24 Desember 2018 lalu namun tiba-tiba saja keberangkatannya dibatalkan oleh pihak travel. Pihak travel sendiri mengabarkan pembatalan pada 11 Desember 2018.




Padahal mantan istri musisi Pasha Ungu ini telah mengeluarkan biaya hingga Rp 50 juta. Namun perjanjian yang seharusnya uang kembali utuh dalam waktu 30 hari setelah ada pembatalan hingga saat ini baru dikembalikan Rp 10 juta saja. Setelah uang Rp 10 juta dikembalikan oleh travel umrah itu, bos biro travel umrahnya malah seperti menghilang tanpa kabar. Saat beberapa kali Okie mencoba menghubungi namun tidak ada jawaban pasti, sehingga Okie pun memutuskan untuk melaporkan kasus ini ke polisi.

"Mereka menghilang. Tiap ditanya gimana nih, kita hanya berhubungan sama managernya, kalau direkturnya dari sejak kita minta refund uang itu sudah tidak bisa dihubungi lagi," kata Okie dalam jumpa pers di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2019).




Okie juga telah melaporkan pihak travel ke Polres Metro Jakarta Pusat pada Jumat (1/3/2019) lalu. Tujuannya agar tidak ada lagi yang tertipu seperti dirinya oleh travel umrah.

Dia pun merasa kasus ini menjadi pelajaran berharga bagi dirinya. Ia mengaku akan lebih berhati-hati dan mengecek kembali nama travel umrah, apakah sudah terdaftar di Kementerian Agama atau tidak. Sebab bila tidak, sangat mungkin abal-abal alias berpeluang untuk menipu.

"Pelajaran banget. Jadi aku tahu kalau mau umrah diajak travel aku cek dulu terdaftar atau enggak. Kalau gak terdaftar takutnya tertipu. Kita harus jeli deh, sekarang udah ada aplikasi untuk cek travel ini terdaftar atau enggak. Kalau ada yang tawarin harga murah lebih baik dicek dulu di Kemenag," lanjutnya.

Menurut Okie, kasus seperti ini bukan hanya dirinya yang terkena imbas, namun banyak orang yang melaporkan kepadanya jika ditipu travel umrah. Meski begitu, Okie bersyukur karena dari kejadian itu, ternyata  ada travel umrah yang menawarkannya untuk berangkat meski waktunya berdekatan.

"Alhamdulillah, saya ditemui travel yang baik. Yang membantulah karena itu last minute aku baru dikabarin batal 11 Desember alhamdulillah 3 Januari sudah bisa berangkat dengan travel baik. Cuma gak sama ibu. Berdua dengan suami saja," katanya.(gas)



#penipuanumrah #biroumrah  #travelumrahnakal #biroumrahtak terdaftar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lagi-lagi Artis Tertipu Travel Umrah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel