Cara Cek Biro Haji Umrah Resmi di Kemenag, Gampang Kok!



HAJIMAKBUL.COM - Kementerian Agama (Kemenag) menghimbau kepada seluruh masyarakat  untuk berhati-hati menerima bujuk rayu marketing penyelenggara haji dan umrah tak berizin yang akhir-akhir ini marak dilakukan di berbagai pelosok daerah. Bahkan banyak warga terpedaya sehingga mereka menjadi korban. Para calon jamaah umrah dan haji ini akhirnya keleleran di Tanah Suci. Bahkan banyak yang batal berangkat ke Makkah.


Beruntung biro umrah dan haji nakal ini ada yang dibekukan setelah izin operasional dicabut. Ada yang diberi peringatan lisan dan tertulis. Sebab mereka telah menipu ribuan calon jamaah umrah atau haji.

Calo biro umrah nakal ini sudah terlalu. Sebab korbannya wong cilik. Ada petani, penjual sayur, tukang becak, dan wong cilik lain. Karena itu, pemerintah wajib menindak tegas biro haji dan umrah nakal tersebut.

Bagi warga harus tahu ciri biro haji dan umrah. Paling penting adalah soal legalitas. Biro haji umrah nakal tak berizin dan tidak terdaftar di Kemenag. Untuk itu harus tahu cara mengecek biro haji umrah resmi. Caranya bisa diikuti langkah berikut ini:

1. Buka link website kemenag.go.id ini:

https://simpu.kemenag.go.id

2. Lalu ikuti petunjuknya. Seperti memasukkan nama biro umrah, nama direktur, alamat dan lain lain seperti tertera di laman tersebut.

3. Klik CARI atau lingkaran kecil di sebelah kanannya.


Selanjutnya akan terbuka halaman baru menampilkan daftar nama biro umrah yang kita cari atau sejenisnya. Tinggal dicari sesuai nama yang kita cari.

Seperti kita ketahui, ketika kita memasukkan kata kunci biasanya muncul banyak objek atau nama yang mirip dengan kata kunci tersebut. Saya mengetikkan kata ATRIA yang muncul 11 nama biro umrah. Salah satunya PT Andromeda Atria Wisata yang memang saya cari di antara 11 daftar tersebut.

4. Bisa pula pencarian berdasarkan kota di mesin pencarian yang sama. Contohnya saya memasukkan kata surabaya akan muncul halaman baru berisi 61 daftar biro umrah di Surabaya dengan link seperti ini:

https://simpu.kemenag.go.id/home/travel

Cara mencari biro umrah resmi ini sangat penting diketahui. Tujuannya agar tidak tertipu biro umrah nakal.

Selain itu hal pertama yang harus disiapkan ketika menghadapi calo yang bicaranya manis penuh janji-janji. Misalnya calo bilang bisa pergi haji tahun ini, asal bayar kontan, itu jelas bohong. 

Jangan percaya sama yang begitu-begitu. Pilihlah berangkat haji dan umrah di penyelenggara resmi berizin dari Kemenag. Misalnya mau pergi haji plus daftarlah di Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang sudah jelas punya izin resmi dari Kementerian Agama.Sedangkan untuk pergi umrah, pilih Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Selamat beribadah! 

(gatot susanto)


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cek Biro Haji Umrah Resmi di Kemenag, Gampang Kok!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel