Tips Cek Keberangkatan Haji Memakai Nomor Porsi, Ayo Dicoba Ya!


HAJIMAKBUL.COM -  Para calon jamaah haji yang sudah menyetor biaya pendaftaran pasti mendapat nomor porsi yang tertera di lembaran bukti pendaftaran. Mereka ini pasti berharap-harap cemas setiap kali mendekati musim haji.
Seperti sekarang ini, mereka pasti rajin mengecek kapan  berangkat ke Tanah Suci memenuhi panggilan Allah SWT melaksanakan rukun Islam yang ke lima itu. Haji wajib hukumnya bagi yang mampu, baik secara fisik, mental, maupun finansial. Haji adalah ibadah fisik, sehingga jamaah harus sehat dan kuat melaksanakan ritual wajib dan sunnah. Haji ibadah spiritual sehingga mental, hati, jiwa, harus disiapkan sejak awal dengan membersihkan mulai dari niat dan ibadahnya. Haji adalah ibadah yang membutuhkan fanansial secukupnya selama perjalanan di Tanah Suci. Jamaah tidak dilarang membawa bekal lebih banyak tapi seringkali uang banyak justru mengganggu kekhusyukan ibadah haji sebab jamaah bisa tergoda nafsu untuk belanja atau tur. Akhirnya lupa ibadah.
Semua yang ada pada ibadah haji adalah indah. Perjumpaan memenuhi panggilan Allah bersama jutaan umat sungguh syahdu. Inilah yang membuat umat Islam rindu segera ke tanah suci. Karena itu mereka sering cek kapan berangkat ke tanah suci.
Bagi yang belum pernah cek keberangkatan memakai nomor porsi, berikut langkah-langkahnya: 
1. Setelah calon jemaah haji melakukan pembayaran setoran awal haji sebesar Rp 25 juta ke BPS (bank), calon jemaah haji akan mendapatkan bukti setoran awal BPIH yang mencantumkan nomor porsi haji.
2. Buka situs website Kementerian Agama (https://haji.kemenag.go.id/v3/node/955358) di mana tercantum kotak mesin pencari memakai nomor porsi.

3. Masukkan nomor porsi haji yang ada di lembaran bukti pendaftaran tersebut pada  cek porsi haji dan tekan tombol CEK/CARI.
4. Jika anda jemaah haji plus, mintalah bantuan travel haji plus tempat Anda mendaftar, bila anda belum dapat nomor porsi sebagai bukti legal anda adalah jamaah yang terdaftar di Depag.
5. Jamaah harus sabar dalam menunggu antrian berangkat, walaupun haji plus saat ini harus antri beberapa tahun.
6. Dengan mendapat nomor porsi berarti anda adalah jemaah haji kuota Depag Resmi (Haji non-kuota tidak ada nomor porsi)
7. Setelah memasukkan nomor porsi dan tekan cari, akan muncul daftar kapan keberangkatan Anda.
8. Namun jika anda tidak bisa melihat estimasi pemberangkatan calon haji, bisa jadi website Kemenag sedang dalam maintenance server atau server sedang overload.
Anda bisa melakukan cek porsi haji, nanti atau keesokan harinya. Selamat mencoba. (gas)






Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Cek Keberangkatan Haji Memakai Nomor Porsi, Ayo Dicoba Ya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel