Rekrutmen Petugas Haji, Ini Jadwal dan Tahapannya


HAJIMAKBUL.COM - Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Puskeshaji) sedang menyeleksi calon Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) yang akan ditugaskan ke Tanah Suci dalam operasional haji 2019. Dari 11.300 tenaga kesehatan (Nakes) yang mendaftar, Kemenkes akan menetapkan 1.800 Tenaga Kesehatan yang akan ditugaskan sebagai TKHI dan PPIH.

Jumlah TKHI sebanyak 1.521 orang. Sedangkan PPIH Bidang kesehatan 306 orang, termasuk di dalamnya Tim Asistensi dan Manajerial. Jika dilihat memang belum ada penambahan petugas. Masih sama seperti tahun 2018.

Kapuskeshaji Eka Jusup Singka menyatakan bahwa proses rekrutmen mengacu kepada Permenkes Nomor 3 tahun 2018 tentang Rekruitmen PPIH, TKHI dan TPK (Tenaga Pendukung Kesehatan). “Penentuannya sangat ketat karena jumlah kuota petugas terbatas. Penentuan petugas bukan atas dasar reward atau arisan,” kata Eka di Jakarta.

Eka menambahkan, dalam Permenkes No. 3 Tahun 2018 pasal 9 disebutkan bahwa dalam hal dibutuhkan untuk menunjang penyelenggaraan kesehatan haji, rekrutmen PPIH Arab Saudi bidang kesehatan, TKHI, dan TPK dapat dilakukan melalui penunjukan. Rekrutmen dengan penunjukan didasarkan pada kebutuhan operasional kesehatan haji dengan mempertimbangkan keahlian tertentu dan/atau pengalaman kerja sebagai petugas kesehatan haji, serta izin dari atasan petugas yang ditunjuk.

Materi Pelatihan Petugas Haji antara lain meliputi:

-Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji
-Profesionalisme dan Komitmen Petugas Haji
-Kebijakan Teknis Pembinaan Petugas Haji Indonesia 1438H/2017M
-Sistem Pengelolaan Kloter
-Manasik Haji Bagi Petugas
-Kepemimpinan Dan Akhlaqul Karimah Petugas Kloter
-Pencatatan dan Pelaporan
-Form Laporan Harian

Pengumuman Rekrutmen Calon Petugas yang Menyertai Jamaah Haji (Petugas Kloter) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tahun 1440H/2019M




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rekrutmen Petugas Haji, Ini Jadwal dan Tahapannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel