Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Fenomena Muzdalifah Haji Tahun 1444 H, Untuk Sebuah Renungan Bukan Menjadi Keluhan

Thursday, July 6, 2023 | 19:40 WIB Last Updated 2023-07-06T12:54:54Z



Oleh Haji Zainal Abidin SE 

(Direktur Utama ATRIA)


Assalamualaikum wr wb.


Alhamdulillah penyelenggaraan haji khusus Atria musim haji 1444 H / 2023 M selesai dengan cantik. Seluruh jamaah telah pulang semua dengan keadaan sehat walafiyat. Berangkat 128 jamaah dan datang  128 jamaah. Tentu semua program pelaksanaan haji dari pra, during dan purna telah dapat dilaksanakan sesuai program yang dijanjikan.


Jika ada pernik-pernik kecil yang ditemui, adalah masih batas toleransi dan Alhamdulillah dapat teratasi dengan cepat dan Insyaa Allah akan menjadi warna penyedap rasa, bukankah kita selalu harus bersyukur sambil mengambil hikmah dari semua yang telah ditetapkan oleh Sang Pencipta yang Maha Sempurna agar kita selalu berfikir akan atas nikmat Allah yang pasti indah pada waktunya.


Fenomena Muzdalifah--kejadian sejumlah jamaah haji telantar sejak usai Salat Subuh hingga siang hari di Muzdalifah--yang betul adalah untuk menjadi bahan renungan bukan bahan cercahan. Bukan pula sebagai bahan keluhan.


Ingatlah, bahwa  salah bersikap tak akan bermanfaat. Tapi ketika kita duduk bersama untuk mencari akar masalah akan menjadi cantik suasananya dan solutif untuk yng akan datang.



Bahwa mengurai kepadatan bukanlah dengan marah-marah. Kita masih ingat bahwa di Muzdalifah, Rasulullah SAW tersenyum setelah bangun dari sujud dalam rangka memintakan jaminan maghfirah kepada kita semua sebagai ummatnya agar diampuni seluruh dosa-dosanya. 


Dan di Muzdalifah inilah, Allah kabulkan permintaan Rasulullah SAW. 


Jadi agar kita dapat merasakan aura sejarah  pengampunan yang Allah janjikan di Muzdalifah ini akan menjadikan suka duka Muzdalifah yang berubah menjadi rasa syukur yang sangat indah dan tetap cantik mengharu biru dengan mengabaikan segala kekurangannya.


Tentu masalah yang terjadi tetap akan menjadi daftar perbaikan untuk musim-musim haji yang akan datang.


Semoga seluruh para hujjaj mendapatkan predikat haji yang mabrur wa sa'yan masykura, wadanban maghfura, waamalan Sholehan makbula, wa tijaratan lantabura. Birahmatika ya Arhamarrahimin. (*)



×
Berita Terbaru Update