Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ibu-ibu Muslimat NU UK Gencar Galang Dana untuk Pembangunan Masjid London

Saturday, November 13, 2021 | November 13, 2021 WIB Last Updated 2021-11-13T02:19:16Z

HAJIMAKBUL.COM - Ibu-ibu Pengurus Cabang Istimewa Muslimat Nahdlatul Ulama (PCI MNU) United Kingdom (UK) atau Inggris Raya tak lelah mengetuk hati umat Islam, khususnya warga Nahdliyyin, untuk membantu dalam pembangunan Masjid Indonesia di Kota London.  Sedangkan dari kalangan Muslimat sendiri sudah banyak bantuan mengalir dari ibu-ibu warga Nahdliyyin ini di seluruh dunia. 


Bahkan, Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat NU, Ibu Hj Khofifah Indar Parawansa, sudah menyumbang dana agar masjid Indonesia di London segera terwujud sebagai tempat silaturrahmi kaum diaspora Indonesia dan sarana dakwah Islam di negeri kerajaan itu. 


Untuk itu PCI Muslimat NU London bersama KBRI beberapa waktu lalu menggelar acara Riyadhoh dan Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa sekaligus untuk acara menggalang dana bagi pembangunan masjid tersebut. 


"Dalam kesempatan itu kami sekalian mengetuk hati para jamaah agar ikut bergotong royong berwakaf untuk Masjid  Indonesia di London ini. Sekarang gedungnya sudah ada cuma dananya masih kurang, sehingga perlu dukungan dari umat Islam, khususnya warga NU, baik di Indonesia maupun yang ada di negara lain," kata Ketua PCI Muslimat NU Inggris Raya, Hj Yayah Indra saat dihubungi DutaIndonesia.com, kemarin.


Acara  Riyadhoh dan Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa itu digelar secara offline di Gedung KBRI London, di kawasan Westminster, London, UK. Sementara saluran online dari platform zoom dan Youtube dihadiri ribuan jamaah Muslimat dan NU dari Indonesia dan dari berbagai negara lain.


Acara ini dinilai sangat bagus sebab untuk syiar Islam rahmatan lil alamin di Inggris. Apalagi perkembangan Islam di Inggris Raya sekarang sangat cepat sehingga Islam sangat tepat untuk menyebarkan ajaran Islam rahmatan lil alamin tersebut sekaligus menghapus Islamphobia yang masih terjadi di Inggris. 


Syiar Islam & Diplomasi


Saat itu  Duta Besar RI di London, H.E. Desra Percaya Ph.D, memuji upaya yang dilakukan oleh ibu-ibu Muslimat NU tersebut, khususnya ibu-ibu di Inggris Raya yang selama ini intens membantu banyak kegiatan di KBRI London.  


Desra juga menyinggung soal pembangunan masjid Indonesia di London, sekaligus memohon doa dan dukungan dari pelbagai pihak untuk rencana mulia tersebut. Termasuk dari ibu-ibu Muslimat yang turut serta gotong royong membangun masjid pertama di jantung negeri Inggris itu.


“Saya sangat bangga (dengan upaya gotong royong dari muslimat NU sedunia-red) Kita bersama-sama sedang berupaya untuk membangun masjid Indonesia di London. Mohon doanya, semoga kita bersama-sama membangun Rumah Allah di London,” tuturnya sebagaimana rilis yang diterima redaksi.


Dia juga  menyampaikan bahwa pihaknya sangat berbangga dengan kiprah Muslimat di Inggris Raya yang menjadi penggerak silaturahmi antarormas, saling membantu dan meningkatkan moderasi bagi warga Indonesia di UK. 


“Saya bangga sekali dengan kiprah, semangat dan juga amal yang dilakukan oleh teman-teman Muslimat NU UK. Juga peran penting Muslimat NU UK dalam membangun kerukunan sesama warga Indonesia di Inggris, saling membantu, saling bahu membahu dan juga berpartisipasi dan berperan aktif dalam menyiarkan Islam rahmatan lil alamin. Saya sangat bangga,” katanya.


Selanjutnya, Desra Percaya juga menyampaikan bahwa masjid Indonesia di London akan menjadi ruang silaturahmi dan peningkatkan diplomasi Indonesia, serta dakwah Islam moderat di Inggris Raya.


 “Masjid ini, Insya Allah, akan membantu meningkatkan hubungan baik dengan masyarakat setempat khususnya di bidang keagamaan, pendidikan dan sosial, serta terus mempromosikan toleransi serta saling menghormati antaragama. Sekaligus juga dakwah Islam rahmatan lil alamin, dan membangun citra baik Indonesia di level internasional, khususnya di Inggris,” kata Desra, yang merupakan alumni Universitas Airlangga dan Birmingham University, Inggris, tersebut.


Selain dukungan untuk pembangunan masjid di Inggris itu,  para ibu-ibu dari  Muslimat juga menyiapkan program gotong royong wakaf, yang berkolaborasi dengan KBRI London,  NUCare-Lazisnu, PCINU United Kingdom, IIC London, serta beberapa komunitas lainnya. (gas/kcm)


No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update