Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Matahari Tepat di Atas Kakbah, Yuk Cek Arah Kiblat!

Wednesday, May 26, 2021 | 12:38 WIB Last Updated 2021-05-26T05:38:48Z

HAJIMAKBUL.COM - Umat Islam biasanya menentukan arah kiblat dengan menggunakan kompas. Namun Rabu 26 Mei 2021 hari ini bisa dilakukan dengan cara sederhana. Yakni menggunakan benda berdiri tegak karena saat ini matahari berada tepat di atas Kakbah.


Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, menyebut hari ini hingga Jumat (28/5) matahari tepat berada di atas Kakbah. "Pada tanggal 26 Mei 2021 sampai 28 Mei 2021, matahari tepat di atas Kakbah," kata Setyoajie seperti dikutip dari detikcom Rabu (26/5/2021).


Kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk mengecek kembali arah kiblat. Terutama untuk wilayah Indonesia Tengah dan Indonesia Barat. Lantas bagaimana cara mengukurnya?


"Pertama, sesuaikan jam yang digunakan dengan jam atom BMKG di https://jam.bmkg.go.id atau di http://ntp.bmkg.go.id. Karena jam untuk melihat arah kiblat atau proses kalibrasi sejak 5 menit sebelum dan sesudah pukul 16.18 untuk WIB dan 17.18 untuk WITA," katanya.


Sedangkan untuk mengukurnya, hanya menggunakan media yang dapat tegak lurus pada permukaan yang datar. Nantinya, dari benda yang tegak lurus ini akan ada bayangan saat waktu puncak.


"Gunakan alat yang tegak lurus seperti tiang, bandul, dinding bangunan dan yang lainnya. Yang terpenting adalah tegak lurus dengan permukaan. Setelah itu, perhatikan arah bayangan yang terjadi saat waktu puncak. Tarik garis dari ujung bayangan, hingga ke posisi alat tersebut. Dan garis itulah arah kiblat yang sudah dikalibrasi dengan posisi matahari yang berada di atas Kakbah," katanya.


Setyoajie menuturkan, kondisi ini terus berulang setiap tahunnya. Yakni pada tanggal 26-28 Mei dan 14-16 Juli. (det/wis)


×
Berita Terbaru Update