Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19, Kiswah Kakbah Disterilkan


HAJIMAKBUL.COM - Masjidil Haram menyambut bulan suci Ramadhan. Salah satunya melakukan pergantian kiswah atau kain penutup Kakbah yang memang rutin dilakukan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Pembersihan, pencucian, sekaligus mensterilkan, kiswah sudah dilakukan pada Minggu (4/4/2021) kemarin.

Direktur bagian pemeliharaan penutup Kakbah, Fahd Al-Jabri, mengatakan, pekerjaan pemeliharaan akan berlangsung selama lima hari. Pemeliharaan akan dilakukan oleh 14 teknisi ahli dan akan didampingi oleh pemantau kualitas, serta seorang spesialis kesehatan dan unit kesehatan dan keselamatan kerja.

"Penutup akan dibersihkan setelah pekerjaan pemeliharaan selesai," kata Al-Jabri seperti dilansir dari Arab News, Senin (5/4/2021).

Menurutnya, pekerjaan itu akan dilakukan sejalan dengan pencegahan untuk menghentikan penyebaran Covid-19 yakni memakai masker, menjaga jarak, dan sterilisasi.

Pekerjaan perawatan, kata dia, akan dimulai dengan cara melonggarkan kain dan mengencangkannya dari semua sisi, lalu memasang kain hitam polos di bawah cincin emas di Shaterwan, dan mengganti bingkai batu hitam dan bingkai sudut Yaman disulam dengan tangan dengan kabel perak berlapis perak. (rpk)


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19, Kiswah Kakbah Disterilkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel