Petugas Haji Perlu Mencontoh Pramugari



HAJIMAKBUL.COM  - Pelayanan masyarakat harus dilakukan dengan profesional. Hal itu agar masyarakat merasa puas atas layanan tersebut. Tak terkecuali layanan dalam ibadah haji.

Untuk itu Direktur Bina Haji Kemenag, Khoirizi H. Dasir, meminta petugas haji mencontoh seorang pramugari. Pasalnya, pramugari memiliki komitmen dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada penumpangnya. Hal itu juga yang harus dilakukan oleh petugas haji.









"Petugas haji harus mencontoh pramugari. Petugas haji juga harus mempunyai komitmen dalam memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jemaah haji," kata Khoirizi saat memberikan Pembinaan dan Sosialisasi Kebijakan Penyelenggaraan Haji dan Umrah Tahun 1441H/2020M di Kantor Kemenag Kabupaten Subang Jawa Barat, Sabtu (22/02/2020).

Selain komitmen pelayanan, pramugari juga disiplin dalam waktu dan penggunaan seragam. "Begitu juga dengan petugas haji, seragam wajib digunakan setiap hari selama bertugas. Jemaah haji kalau melihat seragam petugas, apalagi di lengannya ada bendera Indonesia, akan merasa aman dan nyaman," jelas mantan Kasubdit Bina Petugas ini.

Petugas haji, kata Khoirizi, juga harus mampu memfasilitasi jemaah haji untuk menunaikan ibadahnya secara sempurna. Menurutnya kemabruran haji seseorang itu tidak bisa diukur, tetapi kesempurnaan ibadah haji seseorang bisa diukur.

"Misalnya melaksanakan thawaf 7 kali, Sa'i 7 kali tidak lebih dan tidak kurang, sampai dengan wukuf di Arafah harus benar-benar sempurna," ujarnya.









Ia juga menegaskan, menjadi petugas itu tidak boleh menzholimi jemaah haji. Menjadi petugas tujuan utamanya adalah bukan untuk berhaji, haji adalah bonus.

"Niat daftar petugas tapi pengen haji tujuannya bukan itu, tapi memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan, sedangkan haji adalah bonus," tegas Khoirizi.

"Petugas diminta luruskan niat, jangan bawa-bawa nafsu dan ego masing-masing. Siapkan diri kita untuk melayani dhuyufurrahman," tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut para peserta yang berasal dari Kepala KUA se Subang, Penyuluh Agama, Ketua KBIHU, para petugas haji yang lulus seleksi serta calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini. (hud)






Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Petugas Haji Perlu Mencontoh Pramugari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel