Tips Agar Sukses Mencium Hajar Aswad, Seperti Anak Muda dalam Video Ini Ini




HAJIMAKBUL.COM - Berhaji atau umrah harus ikhlas. Beribadah hanya untuk Allah SWT. Bukan untuk yang lain. Bukan untuk gayagayaan. Bukan untuk pamer ke teman pacar atau morotuwo alias mertua. Haji dan umrah sangat personal. Hablumminallah.

Namun demikian refleksinya bisa hablumminannas. Hubungan antarmanusia. Lihat saja saat thawaf. Juga saat mencium Hajar Aswad, salat di Hijir Ismail atau di bawah talang emas, maupun saat Sai. Terlihat sikap manusia. 

Yang ikhlas dengan mudah bisa ibadah di sana. Pasti ditolong Allah SWT. Yang culas, serakah, koruptor, biasanya mengulangi perbuatannya di tanah suci. Allah mempertontonkan ulah mereka sebagai sunnatullah. Pangeling. Pelajaran bagi manusia atau jamaah lain.

Tips menciun Hajar Aswad antara lain bisa dilihat dalam video anak remaja ini saat bersaing dengan jutaan jamaah lain:

1. Berdoa yang kuat. Berdoa kepada Allah dengan sungguh-sungguh. Berniat sangat ingin mencium Hajar Aswad. Yakin doa akan dikabulkan. Jangan suudzon kepada Allah SWT. 

2. Jangan pernah berpikir akan menerobos dengan kasar jamaah lain yang juga antres mencium Hajar Aswad. Itu menyakiti mereka. Menyakiti secara fisik dan perasaan mereka.

3. Jangan tertipu joki yang gentayangan di sekitar Kakbah.

4. Saat thawaf awal di start yang ada tanda lampu hijau ambil posisi di lintasan agak jauh dari Kakbah. Ketika selesai putaran ke7 baru ambil posisi dekat Kakbah. Ini biasanya dilakukan setelah salat dan berdoa di Hijir Ismail yang juga sangat penuh jamaah sementara tempatnya sangat sempit. Doa lebih membantu ketimbang harus dorong dorongan dengan jamaah lain.

5. Merapat di rukun Yamani, pojok Kakbah sebelum Hajar Aswad. Merapat di dinding Kakbah sambil terus berdzikir dan berdoa. Jangan putus berdzikir. Lepaskan hasrat. Ikuti gelombang manusia. Sambil tetap berusaha merapat di dinding Kakbah. Geser sedikit demi sedikit tubuh ke arah Hajar Aswad. Sambil merayap. Posisi tangan menempel di dinding Kakbah. Biasanya lautan jamaah menolong Anda untuk menuju Hajar Aswad. Sabar. Ikhlas. Dzikir. Berdoa. Terus. Semua doa itu yang membawa Anda kepasa Hajar Aswad, seperti anak muda di dinding Kakbah ini. Semoga Allah SWT menolong Anda. Amiin. (*)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Agar Sukses Mencium Hajar Aswad, Seperti Anak Muda dalam Video Ini Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel