Marhaban Ya Ramadhan: Jadwal Imsakiyah Bisa Dilihat di Sini



                                         Ilustrasi: Pixabay

HAJIMAKBUL.COM - Marhaban Ya Ramadhan. Ahlan wa Sahlan Ya Ramadhan. Umat muslim di seluruh dunia mulai Senin 6 Mei 2019 menyambut tamu agung ini. Dengan menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1440 Hijriyah. Ramadhan bulan penuh berkah. Penuh ampunan. 

Pahala pun disiapkan oleh Allah SWT dengan sangat melimpah ruah. Umat Islam dipersilakan untuk bergembira menyambut karunia Allah ini dengan cara semakin   giat beribadah, berlomba menanam kebaikan, kepada sesama umat, banyak-banyak beramal, menyantuni anak yatim dan kaum fakir miskin. 



Ramadhan penuh dengan momen di mana doa-doa lebih banyak dikabulkan karena itu perbanyak pula berdoa, memohon ampunan, meminta lebih banyak rezeki yang barokah, keluarga yang bahagia sejahtera, anak-anak yang soleh solihah, dan negera Indonesia yang makmur damai rakyatnya sejahtera. Semua disajikan di Ramadhan. Bulan di mana pahala bagi umat Islam yang beribadah dengan tekun khusyuk dan ikhlas diganjar sama dengan ibadah seribu bulan. Bulan di mana Lailatul Qadar menyambut muslim yang beruntung. 

Untuk itu perlu pula mengetahui jadwal Imsakiyah agar muslim bisa salat tepat pada waktunya. Salat tepat waktu, on time, sangat dianjurkan. Dan diusahakan tidak tepat waktu dalam arti sebenarnya, tapi kedatangan ke masjid, misalnya, harus dilakukan lebih awal, agar bisa melakukan salat sunnah. Salat harus on time, tapi mendatangi masjid harus lebih awal. 



Seperti bila kita hendak naik pesawat terbang atau menemui bos di perusahaan, kita biasanya datang lebih awal.  Bahkan satu jam lebih awal. Itu bos di dunia. Sedangkan Allah SWT jauh melampaui para bos mana pun di dunia, sehingga kita mestinya jauh pula lebih awal saat dipanggil untuk menghadap-Nya. Untuk salat berjamaah di masjid. Apalagi di bulan Ramadhan. Di mana Allah memanggil umatnya untuk diberikan lebih banyak hadiah. Pahala. Apa kita malah bermalas-malasan untuk mendatangi masjid? Sungguh sangat merugi orang-orang bertipe pemalas di Ramadhan ini.

Jadwal Imsakiyah sudah dirilis oleh PP Muhammadiyah dalam website suaramuhammadiyah.id. Setiap menjelang bulan suci Ramadhan, Suara Muhammadiyah menyediakan jadwal imsakiyah untuk seluruh kota-kota besar di Indonesia. Tahun ini jadwal imsakiyah dihisab dan disusun oleh Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ustad Oman Fathurohman SW.

Berbeda dengan metode hisab lembaga lain yang biasanya tidak memperhitungkan tinggi daerah, metode hisab yang dipakai Muhammadiyah di samping memperhitungkan posisi lintang dan bujur daerah, juga memperhitungkan tinggi daerah yang dihisab. Sehingga, tingkat keakuratannya dianggap paling tepat.

Bagi segenap umat muslim yang ingin  mendapatkan jadwal imsakiyah Ramadhan tahun 1440 H ini dapat mengunduhnya dengan cara klik link di bawah ini: 



Selain itu, ada pula jadwal Imsakiyah yang dirilis Kementerian Agama bisa dilihat di website kemenag.go.id dengan klik link berikut ini:


Sedang sebagai contoh jadwal, bisa dilihat jadwal untuk wilayah Surabaya ini:








Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Marhaban Ya Ramadhan: Jadwal Imsakiyah Bisa Dilihat di Sini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel