Ada Apa Saja di Bulan Sya'ban?


Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriyah segera tiba.
Untuk menyongsong datangnya bulan paling mulia itu Redaksi menurunkan konsultasi agama bersama 
Direktur Aswaja Centre PWNU Jatim KH Abdurrahman Navis Lc, M.HI tentang beragam topik keagamaan. 




PERTANYAAN:
Assalamuaikum warahmatullahi wabarakatuh
Ustad Saya ingin tahu apa saja kejadian di bulan Sya’ban? Dan apa keutamaannya? Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.
   
Qoimuddin--- Sencaki Surabaya
JAWABAN:

 Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
Mas Qoimuddin yang saya hormati. Ada beberapa kejadian di bulan Sya’bani ini. Di antaranya:


1. Berpindahnya kiblat dari Baitul Maqdis di Palestina ke Kakbah di Makkah.

Rasul Allah SAW menanti dengan penuh harapan agar kiblat salat dipindah dari Baitul Maqdis ke Kakbah. Setiap hari, Rasul Allah berdiri dan menatap langit, menunggu datangnya wahyu dari Allah SWT.

Akhirnya harapan Beliau dikabulkan oleh Allah melalui firman-Nya dalam surat Al Baqarah ayat 144;
قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي الَّسمَاءِ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَهَا فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ المَسْجِدِ اْلحَرَامِ وَحَيْثُمَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهُ (البقرة: 144)
Artinya;”sungguh kami melihat wajahmu menengadah ke langit. Maka kami sungguh akan memalingkan wajahmu ke arah kiblat yang kamu sukai. Maka palingkan wajahmu ke arah Masjid al-Haram dan di mana pun kamu berada palingkan wajahmu ke arahnya”.


2. Diangkatnya laporan amalan perbuatan manusia
 


Dari Usamah bin Zaid ra berkata “Wahai Rasulullah aku belum pernah melihat engkau berpuasa sebagaimana engkau berpuasa di bulan Sya’ban!” Nabi SAW bersabda “Itulah bulan yang manusia lalai darinya antara Rajab dan Ramadhan. Dan merupakan bulan yang di dalamnya diangkat amalan-amalan kepada Rabbul ‘alamin. Dan saya suka untuk diangkat amalan saya sedangkan saya dalam keadaan berpuasa.” (HR an-Nasa’i)

3. Bulan untuk memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Pada bulan inilah turun surat Al-Ahzab ayat 56:
إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَآأَيُّهَاالَّذِيْنَ آمَنُـوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا (الاحزاب:)
Artinya;“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Saw. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi Saw dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”.

4. Malam Nisfu Sya’ban

Pada malam Nisfu Sya’ban Allah mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang yang menyekutukan Allah dan orang yang bermusuhan. 

Hal ini sebagaimana hadis riwayat al-Imam al-Thabrani dan Ibnu Hibban dari Mu’adz bin Jabal dari Nabi Saw, beliau bersabda:
 يَطَّلِعُ اللهُ إِلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيْعِ خَلْقِهِ إِلاَّ لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ
Artinya; “Allah Saw melihat kepada makhluk-Nya pada malam Nisfu Sya’ban, lalu memberikan ampunan kepada seluruh makhluk-Nya kecuali kepada orang yang menyekutukan Allah atau orang yang bermusuhan.”


Malam nisfu Sya’ban termasuk perkara mulia mengamalkan amalan yang dicontohkan para salafuna shalih yaitu membaca surat Yasin sebanyak tiga kali.
 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ada Apa Saja di Bulan Sya'ban?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel