Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Apa Itu Nusuk Panduan Haji dan Umrah?

Monday, May 6, 2024 | 09:15 WIB Last Updated 2024-05-06T02:15:11Z


HAJIMAKBUL.COM - Nusuk merupakan Platform Perjalanan yang Holistik di Tanah suci. Ya semacam panduan untuk melakukan perjalanan di Arab Saudi, khususnya saat umrah dan ibadah haji. Para jamaah perlu memahami cara menjelajahi website Nusuk dengan alamat nusuk.sa atau aplikasinya sebelum ke Tanah Suci.  


Gerbang Anda menuju Umrah dan Kunjungan


Nusuk adalah platform resmi pertama yang memberi Anda opsi untuk merencanakan, memesan, dan menjalani pengalaman umrah dan juga haji Anda sendiri. Nusuk memungkinkan para wisatawan dari seluruh dunia dengan mudah mengatur dan merencanakan setiap detail kunjungan mereka, mulai dari mengajukan visa elektronik hingga memesan hotel dan penerbangan.


Bahasa


Bahasa Arab adalah bahasa resmi di Kerajaan Arab Saudi dan merupakan bahasa utama yang digunakan dalam transaksi dan transaksi publik. Bahasa Inggris adalah bahasa kedua tidak resmi di Kerajaan dan dituturkan oleh sebagian besar penduduk. Semua papan lalu lintas menampilkan informasi dalam bahasa Arab dan Inggris


Budaya


Kerajaan Arab Saudi memiliki warisan yang kaya dan tradisi kuno, karena merupakan pusat komersial utama sepanjang sejarah dan menjadi saksi lahirnya agama Islam. Dalam beberapa tahun terakhir, Kerajaan telah mengalami transformasi budaya yang penting, karena kebiasaan berabad-abad telah dikembangkan agar sesuai dengan zaman kontemporer kita.


Konversi Mata Uang dan Transaksi


Penukaran mata uang dan transaksi dapat dilakukan dengan mudah di Arab Saudi. Mata uang resmi Arab Saudi adalah riyal Saudi (SR), dan satu riyal sama dengan 100 halalah. Uang kertas tersedia dalam pecahan 5 riyal, 10 riyal, 50 riyal, 100 riyal, dan 500 riyal, serta koin dalam pecahan satu riyal, dua riyal, 50 halal, 25 halal, 10 halal, 5 halal, dan satu halalah.


Semua bank di Arab Saudi menyediakan layanan penukaran mata uang, dan terdapat kantor penukaran uang di bandara, beberapa pusat perbelanjaan dan banyak lokasi lain di seluruh negeri. Pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit seperti Visa, MasterCard dan American Express di seluruh wilayah Arab Saudi. ATM juga banyak tersedia.


Anda dapat mentransfer atau menerima uang di Arab Saudi dengan mentransfer uang secara online atau melalui bank yang menyediakan layanan pengiriman uang cepat. Semua transfer tunduk pada hukum Bank Sentral Saudi.


Arab Saudi mengenakan pajak tidak langsung sebesar 15% (Pajak Pertambahan Nilai) atas semua barang dan jasa yang diperjualbelikan oleh pelaku usaha. Dan beberapa pengecualian berlaku.


Seperti diberitakan sebelumnya, Musim haji tiba. Saat ini memasuki Kota Suci Makkah dan Madinah sangat sulit. Tak bisa sembarangan. Pemerintah Arab Saudi menerapkan aturan yang super ketat. Aturan baru bagi yang berkunjung ke Tanah Sci ini sudah diberlakukan.


Direktorat Jenderal Keamanan Publik Arab Saudi telah mengumumkan penerapan peraturan baru terkait haji. Mulai Sabtu, 4 Mei 2024, penduduk yang berencana memasuki Makkah wajib mendapatkan izin dari otoritas terkait. Seperti dilaporkan SPA yang dikutip dari Gulf News, Minggu (5/5/2024), aturan ini mencakup izin bekerja, umrah, hingga haji. Bagi mereka yang tidak memiliki izin akan ditolak masuk saat melewati pos pemeriksaan setempat.


Peraturan baru ini bertujuan untuk mempermudah proses haji dan menjamin keselamatan serta keamanan para jamaah haji. Tindakan ini memperkuat peraturan yang telah ditetapkan untuk musim haji 1445 H.


Pekan lalu, Kementerian Haji dan Umrah Saudi mengumumkan peluncuran kartu Nusuk. Kartu ini bertujuan untuk mempermudah dan meningkatkan keamanan dalam proses haji tahun 2024.


Kartu Nusuk tersedia dalam format digital dan fisik. Dirancang untuk menyederhanakan prosedur operasional haji, mengurangi praktik ziarah ilegal, dan memastikan keamanan tempat-tempat suci dengan memverifikasi identitas peziarah dan mencegah akses yang tidak sah.


Jamaah peziarah akan menerima salinan fisik kartu Nusuk melalui penyelenggara haji masing-masing atau dari penyedia layanan dengan siapa mereka telah berkontrak. Selain itu, versi digital dapat diakses melalui aplikasi Nusuk dan Tawakkalna.


Peziarah diharuskan memindai kode QR pada kartu fisik mereka dan mengikuti petunjuk untuk mengaktifkan kartu digital mereka. Kartu digital ini akan menyediakan berbagai layanan penting, termasuk data pribadi, catatan kesehatan, dan alamat, yang semuanya terhubung dengan aplikasi di ponsel cerdas mereka.


Kartu tersebut juga mempermudah verifikasi identitas peziarah oleh otoritas terkait, sehingga memastikan bahwa setiap peziarah menerima layanan terbaik. Selain itu, kartu akan berisi rincian tentang misi haji yang ditugaskan kepada peziarah, jadwal kelompok, alamat tempat tinggal, dan petunjuk untuk memberikan umpan balik atau keluhan. (nas)


×
Berita Terbaru Update