Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jamaah Wafat Bertambah Menjadi 99 Orang, Disarankan Jaga Kesehatan Jelang Wukuf!

Thursday, June 22, 2023 | 11:21 WIB Last Updated 2023-06-22T04:30:28Z


 

HAJIMAKBUL.COM -  Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan 1 Zulhijah 1444 H bertepatan tanggal 19 Juni 2023 sehingga Wukuf di Arafah berlangsung pada Selasa 27 Juni 2023. Untuk itu Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M mulai mempersiapkan beragam layanan selama puncak haji di Arafah – Muzdalifah – Mina (Armina), salah satunya terkait jadwal pergerakan jamaah haji Indonesia menuju Arafah. 


PPIH Arab Saudi berusaha memberikan layanan maksimal agar jamaah bisa beribadah dengan aman dan nyaman. Khususnya jamaah lansia. Termasuk penambahan mobil golf dari Pemerintah Arab Saudi. Suhu di Arafah - Mina yang sangat panas bisa membuat kondisi jamaah drop. Sampai Selasa (20/6/2023) jamaah yang wafat di Tanah Suci  bertambah 8 orang menjadi total 99 orang meninggal dunia.


Ketua Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPD AMPHURI) Jawa Timur, M. Sufyan Arif,  pun mengimbau jamaah haji, khususnya lanjut usia (lansia), agar sekarang menjaga stamina sebelum proses ke Arafah-Muzdalifah-Mina (Armina). Caranya dengan tidak banyak melakukan aktivitas yang menguras tenaga. 


Salah satunya membatasi aktivitas ke Masjidil Haram karena kondisi di masjid paling suci itu sekarang sudah sangat penuh oleh jamaah dari seluruh dunia. "Masjidil Haram penuh banget. Jamaah lansia sebaiknya sekarang sudah menyiapkan diri untuk ibadah Wukuf di Arafah," kata M. Sufyan Arif, Rabu (21/6/2023).


Istirahat yang cukup, kata dia, supaya saat pelaksanaan puncak haji yang banyak dilakukan secara fisik kondisi kesehatan jamaah masih baik. Apalagi  kondisi di Arafah dan Mina suhunya sangat panas. Saat ini suhu di Arafah - Mina sudah menyentuh  47 derajat Celcius. "Jadi harus banyak minum juga saat di sana serta diusahakan bisa membawa handuk kecil untuk dibasahi seandainya keluar dari tenda," katanya.


Sementara itu Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang sekarang tengah berada di Tanah Suci mengatakan bahwa Indonesia tahun ini mendapat tambahan fasilitas dari Arab Saudi berupa mobil golf. Sarana transportasi ini akan digunakan untuk membantu pergerakan jamaah dari tenda di Mina hingga titik terdekat Jamarat yang bisa diantar dengan mobil.


Hal itu disampaikan Menag Yaqut Cholil Qoumas usai mengikuti pembukaan Muktamar Perhajian yang diselenggarakan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di Jeddah, Selasa (20/6/2023). Muktamar ini mengangkat tema “Fiqh at-Taysir fil-Hajj”.


“Alhamdulillah untuk jamaah kita yang maktabnya nanti di Mina relatif jauh, kita mendapat tambahan fasilitas mobil golf untuk membantu mereka sampai titik terdekat dengan Jamarat. Ini sangat membantu, dan kita terus berupaya agar jumlahnya terus ditambah,” katanya.


Menurut Menag, tambahan fasilitas berupa mobil memang diusulkan oleh Kementerian Agama RI berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu. 

Menurutnya, seiring jarak tempuh yang cukup jauh dari tenda menuju Jamarat, diperlukan sarana transportasi agar jamaah tidak terlalu kelelahan. Mobil golf juga akan sangat berguna dalam mempercepat proses evakuasi.


"Tahun lalu kita minta ke Kementerian Haji agar disiapkan mobil golf di Mina untuk melakukan evakuasi jika terjadi sesuatu terhadap jamaah haji kita. Infonya tahun ini dipenuhi. Ada 15 mobil golf yang disiapkan," sebutnya.


Untuk membantu mobilitas jamaah haji, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi juga menyiapkan ratusan kursi roda yang akan digunakan saat Armina, serta di area Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.


Usai mengikuti pembukaan muktamar perhajian, Menag dijadwalkan meninjau kesiapan layanan di Arafah – Muzdalifah – Mina (Armina). Selain mobil golf, tenda jamaah haji Indonesia di Arafah juga mendapat tambahan toilet. Setiap Maktab, disiapkan toilet dengan 10 pintu. Ini akan menambah keberadaan 20 toilet yang sudah ada sebelumnya.

“Hari ini kita cek kesiapan tambahan toilet di Arafah, termasuk juga renovasi dapur-dapur yang disiapkan untuk memasak makanan jamaah,” tandasnya.


Jadwal Armina


Sementara itu Ketua PPIH Arab Saudi Subhan Cholid saat ditemui di Makkah mengatakan, menjelang puncak haji, jamaah haji Indonesia akan mulai diberangkatkan secara bertahap ke Arafah pada 8 Zulhijah 1444 H atau 26 Juni 2023. "Jamaah akan mengenakan kain ihram dan mengambil miqat di hotel masing-masing,” katanya.

Subhan merinci, pergerakan akan dimulai pukul 07.00 waktu Arab Saudi hingga selesai. PPIH Arab Saudi sedang finalisasi jadwal pemberangkatan ke Arafah dengan berbasis kloter.


“Jadwal keberangkatan ke Arafah disusun berbasis kloter. Ini segera kita sosialisasikan agar setiap kloter memahami jadwal pergerakannya, sehingga proses persiapan masing-masing kloter bisa disesuaikan sesuai jam keberangkatan,” katanya.


Subhan berharap, jamaah di setiap kloter dapat secara disiplin mematuhi jadwal keberangkatannya. Persiapan di hotel bisa dilakukan satu jam sebelum keberangkatan. Kloter yang jadwal keberangkatannya pukul 11.00 siang, misalnya, tidak perlu bersiap sejak pukul 07.00 pagi. Apalagi sampai ikut memadati area lobi hotel dan sudah mengenakan kain ihram.


“Agar tidak menumpuk di lobi hotel, jamaah harus mematuhi jadwal keberangkatannya. Mandi dan persiapan mengenakan kain ihram bisa dilakukan pada rentang satu atau satu setengah jam sebelum keberangkatan. Sebelum itu, jamaah bisa memanfaatkan waktunya untuk istirahat,” katanya.


Dia meminta jamaah tidak turun untuk menunggu di lobi hotel, kecuali menjelang jam keberangkatannya. "Sehingga pergerakan lebih tertib dan tidak ada penumpukan di lobi hotel,” lanjutnya.


Ditambahkan Subhan, pihak Naqabah (semacam Organda Arab Saudi, Red.) menyiapkan 21 armada bus untuk setiap maktab dalam proses pergerakan jamaah dari hotel di Makkah ke Arafah. Moda transportasi ini diperkirakan akan berputar sebanyak tiga kali untuk membawa jamaah haji Indonesia di setiap maktab. Ada 70 maktab yang menaungi jamaah haji Indonesia. Setiap maktab jumlahnya sekitar 2.900 jamaah.


“Proses pergerakan jamaah haji dari hotel di Makkah ke Arafah diharapkan selesai sebelum pukul 24.00 WAS malam agar jamaah bisa segera beristirahat untuk mengikuti prosesi Wukuf pada 9 Zulhijah 1444 H,” kata Subhan.


Jamaah haji Indonesia, lanjut Subhan, selanjutnya akan diberangkatkan dari Arafah ke Muzdalifah pada 9 Zulhijah. Pergerakan rencananya dimulai pada pukul 19.00 WAS dan diharapkan selesai pukul 01.00 WAS pada 10 Zulhijah 1444 H dini hari. “Ada 7 sampai 9 bus yang disiapkan per maktab dalam proses pergerakan ini. Armada dikurangi karena jarak Arafah ke Muzdalifah lebih dekat dan untuk menghindari kemacetan,” jelas Subhan.


Setiap bus akan berputar (shuttle atau taraddudi) sebanyak tujuh kali untuk menjemput jemaah di Arafah dan mengantarkannya ke Muzdalifah. Masih di tanggal 9 Zulhijah 1444 H, sekitar pukul 23.00 WAS, jamaah haji Indonesia secara bertahap akan diberangkatkan menuju Mina. Pada rute ini, setiap maktab menyiapkan 5 armada bus yang akan berputar masing-masing sebanyak delapan kali.


“PPIH akan berusaha maksimal agar seluruh jamaah sudah meninggalkan Muzdalifah sebelum cuaca panas. Di Mina, jamaah akan tinggal selama beberapa hari untuk kemudian diberangkatkan kembali ke hotel mereka di Makkah,” tandasnya (Selengkapnya Lihat Tabel di halaman 1).


Menu Makanan


Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado dalam keterangan persnya diterima Redaksi Rabu (21/6/2023) mengatakan selama fase puncak haji di Arafah – Muzdalifah – Mina (Armina), jamaah haji Indonesia akan mendapatkan sejumlah menu siap saji. Menurutnya, ada beragam menu, antara lain mangut lele, rendang ayam, rendang daging, semur, dan gulai ikan. Selain itu, ada juga sajian bubur kacang hijau, kacang merah, serta ketan hitam.


“Sajian menu nusantara yang akan dihidangkan kepada jamaah haji Indonesia saat puncak haji itu disiapkan oleh Masyariq atau Muassasah. Untuk memastikan cita rasa dan kualitas makanannya, PPIH Arab Saudi melakukan uji rasa makanannya (mealtest),” ujar dia.


Hingga hari ke-29 operasional penyelenggaraan ibadah haji, berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga tanggal 19 Juni 2023, pukul 24.00 WIB, jumlah jamaah gelombang II yang telah tiba di Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah berjumlah 81.918 orang atau 213 kelompok terbang.


“Kedatangan jamaah haji kuota tambahan di Bandara AMAA Madinah sampai hari ini sebanyak 2.428 orang atau 8 kloter. Total kedatangan Jamaah Haji Indonesia di Arab Saudi berjumlah 185.659 orang atau 476 kelompok terbang,” terang Dodo.


“Sementara jamaah haji khusus yang telah sampai di Makkah per hari ini sebanyak 878 orang. Sehingga sampai saat ini jumlah jamaah haji khusus yang telah tiba sebanyak 7.800 orang,” ujarnya.


Dia menambahkan, jamaah yang wafat di Arab Saudi bertambah 8 orang yaitu atas nama:


1) Hadori Bakri Arsiman (68) asal embarkasi SUB Kloter 03

2) Abd. Rohman Ilam (55) asal embarkasi SUB Kloter 52

3) Sawiyem Sumarto (77) asal embarkasi SOC Kloter 28

4) Elsa Susana Abdul Aziz (50) asal embarkasi PDG Kloter 06

5) Rusli Sain Alam Nasir (69) asal embarkasi PDG Kloter 08

6) Munaah Sahini (60) asal embarkasi LOP Kloter 07

7) Sholeh Tarwan Abdullah (82) asal embarkasi BTH Kloter 15

8) Eneng Kadim Paputungan (62) asal embarkasi BPN Kloter 16


“Sampai hari ini, total jamaah yang wafat di Arab Saudi sebanyak 91 orang, dengan rincian jamaah yang wafat di Makkah sebanyak 56 orang, di Madinah sebanyak 32 orang, dan di Jeddah sebanyak 3 orang,” tambahnya.Namun data terakhir jumlahnya bertambah menjadi 99 jamaah wafat di Tanah Suci.


Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) juga kembali mengimbau dan mengingatkan jamaah haji untuk tidak melakukan swafoto (selfie) berlebihan di Masjidil Haram khususnya di depan Kakbah, terlebih menggunakan perangkat foto profesional.  “Jamaah perlu mengindahkan ketentuan-ketentuan otoritas pemerintah Arab Saudi khususnya di Masjidil Haram agar tidak berurusan dengan aparat keamanan yang bertugas di Masjidil Haram,”  katanya. (gas/mch)


×
Berita Terbaru Update