Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gubernur Khofifah Rasakan Syahdunya Beribadah Haji, Sempat Temui Dubes dan Investor hingga Jawab Heboh Holywings

Thursday, July 7, 2022 | 08:27 WIB Last Updated 2022-07-07T01:27:07Z

 


GUBERNUR KHOFIFAH usai Sholat Maghrib di Masjid Nabawi seperti dilihat dalam akun Instagramnya.


Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat ini tengah menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Meski tengah menjadi tamu Allah SWT, Khofifah masih menyempatkan diri mengurus masalah di Jatim. Salah satunya terkait aksi demonstrasi menyoal penutupan  outlet Holywings di Jawa Timur sejak tanggal 28 Juni 2022 lalu. 


GUBERNUR Khofifah tampak aktif mengunggah aktivitasnya selama di Tanah Suci di akun Instagramnya, khofifah.ip maupun di Facebook. Masyarakat pun bisa mengikuti proses haji Gubernur perempuan pertama di Jatim ini sekaligus mendoakannya.


Seperti dilihat Rabu (6/7/2022), Khofifah memasang foto tengah bersantai usai Sholat Maghrib di Masjid Nabawi. Selain menikmati kesyahduan suasana Masjid Nabi, Khofifah juga bertemu kucing di masjid paling suci tersebut usai Sholat Subuh.


"Adakah yang lebih syahdu dari duduk di lantai Masjid Nabawi Madinah beratapkan langit senja berwarna jingga bercampur ungu ini? Berserah kepada-Nya, pencipta dan penguasa semesta dan isinya. Maa Syaa Allah, Laa Haula Wala Quwwata Illaa Billah," katanya dalam keterangan foto tersebut. 


Khofifah juga bertemu kucing yang menggemaskan usai sholat Subuh di Masjid Nabawi. Warna bulunya putih dengan bercak hitam dan sangat lebat. Duduk berdiri seperti tengah menjaga masjid. 


"Fyi, kucing ini meskipun dibiarkan keluar masuk Masjid Nabawi tapi mereka tidak pernah sekalipun buang air di masjid. MasyaAllah," katanya.


Selain itu, disela-sela menunaikan ibadah haji, Ketua Umum Muslimat NU ini juga menyempatkan diri bertemu Dubes Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi, Dr. Abdul Aziz Ahmad. Khofifah menggunakan kereta api ke Madinah dari Makkah. Turut juga hadir pengusaha asal Malang Jawa Timur yang saat ini tinggal di Makkah serta pengusaha asal Mesir yang tinggal di Madinah yang bisnisnya menyebar di berbagai kota di Indonesia.


"InsyaAllah, keduanya akan ke Jawa Timur dalam waktu dekat yaitu bukan Agustus dan September mendatang. Mohon sambung doa di tengah ibadah dapat oleh-oleh investasi untuk Jawa Timur. Semoga membawa kebaikan dan keberkahan. Aamiin," katanya.


Tutup Holywings


Bukan hanya itu. Gubernur juga menjawab tuntutan massa yang beraksi di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (5/7/2022). Aksi demonstrasi ini menyoal penutupan gerai Holywings di Surabaya. 


Dari Madinah Al Munawarrah, kota yang bercahaya cemerlang itu, Gubernur Khofifah memastikan bahwa seluruh outlet Holywings di Jawa Timur telah ditutup sejak tanggal 28 Juni 2022.  Penutupan tersebut dilakukan setelah diketahui Holywings belum memiliki NIB serta Sertifikat Standart (SS) yang telah terverifikasi berbasis risiko melalui OSS RBA. 


Artinya, tanpa kepemilikan NIB, maka dapat dipastikan bahwa Holywings belum mengantongi Izin Usaha dan Izin Komersial atau operasional sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan. Holywings ditutup bukan sekadar karena heboh kasus berbau SARA yang dilakukan pegawai gerai yang sahamnya juga dimiliki artis Nikita Mirzani dan pengacara Hotman Paris di Jakarta tersebut.  


Khofifah menegaskan bahwa penutupan terhadap outlet Holywings telah dilakukan berdasarkan aturan yang berlaku. Baik menurut aturan penyelenggaraan usaha dari pemerintah pusat, maupun aturan dari pemerintah daerah setempat. Adapun dasar hukum yang dijadikan alasan penutupan yaitu PP Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko. 


"Kalau di  DKI Jakarta, kewenangan izin hiburan dan hotel ada di tangan Gubernur, tapi kalau di Jawa Timur ada di tangan bupati dan walikota. Kami langsung berkoordinasi dengan Walikota  Surabaya. Penyegelan dan penutupan dilakukan langsung oleh Pemkot Surabaya," ungkap Khofifah di Madinah, Rabu  (6/7/2022). 


Sebagai informasi, Holywings  di Jawa Timur sedikitnya memiliki tiga outlet yang seluruhnya berada di Kota Surabaya. Masing-masing berada di Jl. Basuki Rahmat No. 23 Surabaya, Jl. Mayjend. Yono Soewoyo No. 5 - E Surabaya dan Jl. Kertajaya Indah Timur 6/ 1 Blok S - 201 Surabaya.


Holywings kini menjadi sorotan masyarakat seiring munculnya kasus dugaan penghinaan dan penistaan agama atas konten promosinya menggunakan nama Muhammad dan Maria hingga berbuntut pada permasalahan izin. Sejumlah pegawainya sudah ditetapkan sebagai tersangka. Hotman Paris selaku salah seorang pemegang saham juga meminta maaf ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).


Baik Pemprov Jatim maupun Pemkot Surabaya terus memantau penutupan Holywings. Hal itu untuk mencegah Holywings beroperasi secara diam-diam.                              

"Meski sudah ditutup dan disegel, saat ini Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya tetap melakukan monitoring dan pengawasan sekaligus penerapan sanksi administratif berupa penertiban dan penghentian kegiatan," ujarnya. 


Khofifah berharap para pengusaha hiburan dapat memenuhi seluruh persyaratan dan menaati seluruh peraturan perizinan sebelum memulai usahanya guna menjamin kepastian berusaha, tanpa merugikan pihak manapun. 


"Kami memang membuka luas masyarakat untuk membuka usaha di Jawa Timur. Namun sekali lagi bahwa aturan perizinan penyelenggaraan usaha harus dipenuhi, dan diharapkan usaha yang dijalankan tidak menimbulkan kegaduhan," tuturnya.


"Semoga kasus Holywings ini dapat menjadi pembelajaran bersama agar tidak terulang lagi di masa yang akan datang," tambah dia.


Seperti diketahui, ratusan orang menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (5/7). Aksi demonstrasi ini menyoal penutupan Holywings. Massa memblokade seluruh jalan. Akibatnya, jalanan di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya sempat  ditutup. Setelah perwakilan diterima oleh Kasatpol PP melalui dialog maka mereka bisa memahami penjelasan bahwa outlet Hollywings di  Jawa Timur persisnya di Surabaya telah ditutup pada tanggal 28 Juni 2022. Akhirnya peserta aksi perlahan membubarkan diri sehingga arus lalu lintas pun kembali nornal. (nas) 


×
Berita Terbaru Update