Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Banyak Jamaah Kesasar, Tips dari Sekretaris Daker Madinah Agar Bisa Pulang ke Hotel

Monday, June 13, 2022 | 18:41 WIB Last Updated 2022-06-13T11:41:21Z

 

Abdillah MT

HAJIMAKBUL.COM - Sejumlah jamaah calon haji masih kesasar meski  sudah beberapa hari tinggal di Madinah. Petugas masih sering menemukan jamaah calon haji Indonesia yang tidak tahu arah pulang ke hotel setelah melakukan ibadah di Masjid Nabawi.


"Sampai saat ini, masih banyak jemaah yang diketahui bingung arah pulang ke hotel atau pemondokannya. Hal itu setelah habis salat di Masjid Nabawi atau setelah keluar hotel," kata Sekretaris Daker Madinah Abdillah MT di Madinah, Senin (13/6/2022).


Sebagian besar jemaah yang lupa arah pulang, kata Abdullah, tidak membawa kartu nama hotel yang sudah dibagikan. Padahal, itu bisa menjadi sarana untuk bertanya kepada petugas yang ada di sekitaran Masjid Nabawi.


“Mereka kebanyakan jemaah yang belum pernah umrah atau berhaji. Mereka biasanya tidak memperhatikan orientasi arah khususnya terkait pintu di Masjid Nabawi,” lanjutnya.


Akan hal ini, Abdillah membagikan sejumlah tips yang bisa dilakukan jemaah jika kelupaan arah pulang ke hotelnya. Berikut tips agar tidak kesasar saat pulang ke hotel.


1. Tetap tenang, tidak perlu panik. Sebab, banyak petugas di sekitar Masjid Nabawi.


2. Tunjukkan kartu nama hotel saat bertanya kepada petugas yang ada di sekitar Masjid Nabawi.


3. Kenali patokan atau penanda yang mengarah pada hotel tempat tinggal. 


“Cari petugas sektor khusus Nabawi, pakai rompi hitam bertuliskan Petugas Haji Indonesia," tandasnya. (mch)

×
Berita Terbaru Update