Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Keberhasilan Umrah 1443 H Jadi Kunci Penyelenggaraan Haji Tahun Depan

Saturday, October 30, 2021 | October 30, 2021 WIB Last Updated 2021-10-30T10:52:45Z

 


HAJIMAKBUL.COM -- Jamaah umrah belum jelas kapan akan diizinkan terbang langsung ke tanah suci. Kabarnya bulan November 2021 pintu masuknya dibuka oleh Arab Saudi.


 Pemerintah RI maupun Arab Saudi sangat hati-hati sebab jangan sampai umrah 1443 Hijriyah memicu gelombang ketiga pandemi Covid-19. Sebab, sukses tidaknya umrah sangat mempengaruhi penyelenggaraan ibadah haji 2022.


 Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Nur Arifin, mengatakan, keberhasilan umrah di masa pandemi Covid-19 menjadi tolak ukur kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji tahun depan. Untuk itu pemerintah sangat serius mempersiapkan keberangkatan umrah di masa pandemi ini.

 

"Keberhasilan penyelenggaraan ibadah umrah pada masa pandemi covid-19 sangat berguna bagi penyiapan ibadah haji nantinya," kata Nur Arifin melalui keterangan tertulisnya dikutip dari Republika.co.id, Sabtu (30/10/2021).


Nur Arifin menegaskan, bahwa pemerintah dan semua pihak yang memiliki kepentingan dengan penyelenggaraan umrah sangat serius mempersiapkan umrah di masa pandemi.


"Kami sangat serius menyiapkan penyelenggaraan ibadah umrah karena keberhasilan umrah masa pandemi akan menjadi ‘jalan’ bagi keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji," katanya.


Menurutnya untuk mencapai keberhasilan itu Kementerian Agama telah membuat kesepakatan dengan asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), bahwa keberangkatan umrah perdana di masa pandemi dibuat satu pintu. Kesepakatan ini demi mencegah jamaah terpapar Covid-19 saat sedang ibadah umrah.


"Kami telah sepakat dengan Asosiasi PPIU, bahwa untuk tahap awal keberangkatan umroh harus dilakukan satu pintu untuk tujuan nol kasus Covid-19," katanya.

Nur Arifin mengatakan, jika pada pelaksanaan umrah tidak ada yang terpapar Covid-19, maka Pemerintah Arab Saudi percaya bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan umrah di masa pandemi Covid-19. Untuk itu pada umrah perdana jamaah mesti taat aturan yang telah ditetapkan pemerintah.


"Manfaatnya agar kita mendapatkan kepercayaan dari Arab Saudi dan jika sudah percaya insya Allah penyelenggaraan haji tahun depan dapat dilaksanakan," katanya. (hud)


No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update