Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Berselfie Ria Saat Ibadah Haji/Umrah, Ini Hukumnya Menurut Syekh Sulaiman Ar-Ruhaili

Saturday, August 7, 2021 | 20:35 WIB Last Updated 2021-08-07T15:10:28Z


HAJIMAKBUL.COM - Salah seorang ulama Arab Saudi bernama Syekh Sulaiman Ar-Ruhaili menyoroti hobi foto selfie jamaah asal Indonesia saat beribadah di Tanah Suci. Beliau memberikan komentar terkait selfie tersebut diselingi humor segar. Kritik tapi tidak menohok. Ya emang, masak ada haji selfie.

Namun demikian Beliau memberi warning bahwa apa yang dilakukan oleh jamaah Indonesia berselfie ria saat beribadah itu sangat tidak benar.

Kritik Syekh Sulaiman tersebut ditampilkan dalam sebuah video yang  sudah diupload di Youtube oleh kanal Sultan Abdillah 2 tahun yang lalu tapi masih dibicarakan hingga sekarang.

“Di Masjid Nabawi ketika khatib berkhutbah dia (jamaah Indonesia) malah foto selfie. Dia tidak mendengarkan khutbah sedikit pun,” kata Syekh Sulaiman dikutip dari terkini.id, Sabtu (7/8/2021).

Ulama tersebut kemudian mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan oleh orang Indonesia itu penuh dengan kedustaan, apalagi dilakukan dalam proses ibadah.

“Sungguh dia berbohong ketika berfoto dengan pose berdoa. Dusta dia, padahal dia tidak berdoa,” tutur Syekh Sulaiman.

“Ketika kembali ke Indonesia mereka memperlihatkan fotonya yang berpose sedang berdoa dan dipajang besar-besar di rumahnya,” katanya.

Lebih lanjut, Syekh Sulaiman juga menambahkan bahwa apa yang dilakukan oleh jamaah Indonesia tersebut tidak boleh ditiru oleh jamaah lainnya.

Bahkan, ia menyebut bahwa perbuatan tersebut haram hukumnya.

“Saya katakan kepada sekalian manusia bahwa ini haram. Meskipun ketika ada pelajaran di Masjid Nabawi, anggaplah keharaman itu terjadi hanya sepuluh persen saja, maka itu tetap haram,” pesannya.

Ia pun kembali mengingatkan kepada para jemaah untuk memperbaiki niat dalam menjalankan ibadah.


“Apakah kau datang ke Madinah untuk berbuat dosa? Tidak! Engkau datang ke Madinah untuk mendapatkan pahala,” kata Syekh Sulaiman. (TK)


×
Berita Terbaru Update