Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kota Makkah Banjir dan Hujan Es, Ustad Yusuf Mansur Ajak Berdoa Tolak Bala

Wednesday, April 28, 2021 | 14:29 WIB Last Updated 2021-05-20T05:42:25Z

HAJIMAKBUL.COM -  Arab Saudi sedang musim panas. Namun aneh, Kota Suci Makkah dikabarkan dilanda hujan selama sekitar tiga jam mulai pukul 14.00 hingga 16.00 Waktu Arab Saudi, Selasa 27 April 2021.  Akibatnya, jalanan di kota suci itu dilanda banjir . Bukan hanya itu, sejumlah warganet juga memposting kondisi Makkah sempat  dilanda hujan es di media sosial (medsos) miliknya. Namun Rabu kemarin hujan reda dan banjir sudah surut.  Cuaca pun cerah. 

"The rains of today in the Holy Mosque in Makkah (hujan hari ini di Masjidil Haram, Makkah, Red.)," tulis @saleh_alazzaz di Twitternya, Rabu (28/4/2021).

Unggahan video berdurasi 31 detik itu menampakkan hujan es tengah mengguyur di kawasan Kakbah. Meski diguyur hujan, banyak jamaah tetap melakukan ibadah umrah.  Mereka terlihat melakukan tawaf dengan menggunakan payung.  Dalam unggahan lain, tampak pula bagaimana banjir menerjang Kota Makkah. Arus deras banjir setinggi ban mobil yang tengah terparkir.

Ustad Yusuf Mansur pun mengajak masyarakat membaca surah Yasin, Ar-Rahman, Al-Waqi'ah, dan Al-Mulk. Tujuannya untuk mendoakan sekaligus amalan tolak bala. Seruan Yusuf Mansur itu disertai unggahan video daerah Makkah yang tengah dilanda banjir tersebut.

Tak hanya itu, pimpinan Pondok Pesantren Daarul Qur'an ini juga memposting pesan singkat dari KH Muhammad Nur Hayid atau akrab disapa Gus Hayid.  Lebih lanjut, terlihat dalam video arus banjir setinggi kira-kira 70 cm mengalir deras di jalanan. Mobil-mobil yang terparkir juga terancam hanyut saat kejadian.

"Hujan beberapa jam di Makkah hari ini, (padahal sudah masuk musim panas) bikin banjir di daerah sekitar Kakbah," demikian potongan chattingan Gus Hayid yang diunggah Yusuf Mansur.

Selanjutnya Gus Hayid menyebut dunia sudah tua. Karena itu dia mengharapkan Ustad Yusuf Mansur untuk memimpin dan membimbing agar masyarakat terus berdoa.  "Dunia kita sudah tua kiai.  Mohon kita kawal dengan doa terus. Bimbing dan pimpin kami semua terus berdoa kiai . Saya dapat kiriman teman di Makkah," kata Hayid dalam pesannya.

Meski demikian warga Arab Saudi sendiri bersuka cita saat hujan melanda beberapa bagian negeri kerajaan itu. Mereka pun beramai-ramai membagikan foto dan video hujan yang turun di media sosial.  Melalui video hujan yang viral ini, anak muda Arab Saudi memanfaatkan kesempatan untuk menunjukkan negaranya dalam sudut pandang yang berbeda.

“Saya ingin dunia melihat betapa indahnya Arab Saudi, bahkan selama musim panas,” kata Areej Hasan, dari Abha, di barat daya negara itu.

“Jalan-jalan Abha yang indah dihiasi dengan bunga ungu dari pohon jacaranda dan merupakan pemandangan langka untuk melihatnya basah kuyup dalam hujan. Saya dan keluarga memutuskan untuk memakai masker kami dan berjalan-jalan menikmati cuaca yang indah,” lanjutnya.

Hujan yang jarang terjadi membuat anak-anak turun ke jalan untuk bermain saat orang dewasa menyambut suhu yang lebih dingin. Video-video di media sosial membawa kegembiraan bagi mereka yang tidak menyaksikan hujan.

“Saya menerima video dari sepupu saya di Taif sebelum Maghrib dan itu terlihat sangat indah! Orang-orang berkeliling hanya menikmati hujan sebelum mereka berbuka puasa," kata Aamna Tahir, dari Jeddah.

“Sungguh melegakan dari cuaca panas yang kami hadapi selama jam-jam puasa yang panjang,” ungkapnya lagi.

Tapi hujan deras tidak semuanya menyenangkan. Pada Jumat (23/4/2021) lalu, pihak berwenang sudah memperingatkan orang-orang tentang hujan lebat dan badai petir di Makkah, Madinah, Al Baha, Jazan, Najran, dengan kemungkinan banjir di Provinsi Timur, Riyadh dan Qassim serta hujan ringan di Jawf, Tabuk, dan Perbatasan Utara.  Pertahanan Sipil memperingatkan orang-orang untuk menjauh dari tempat-tempat yang bisa dilanda banjir. (okz/hud)

×
Berita Terbaru Update