Arab Saudi Beri Kepastian Haji Akhir April 2020



HAJIMAKBUL.COM -  Pemerintah Arab Saudi akan memutuskan kepastian penyelenggaraan ibadah haji 1441 Hijriyah akhir April 2020. Untuk itu Pemerintah Indonesia pun masih menunggu kepastian penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441 H/2020 usai adanya pandemi virus corona atau Covid-19.








“Kementerian Haji (Arab Saudi) akan melakukan kajian, dan insya Allah minggu ke-4 bulan April sudah ada keputusan. Kita tunggu,” kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag), Nizar Ali, dalam rapat virtual dengan Komisi VIII DPR di Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Namun demikian, bila hingga bulan Mei mendatang Pemerintah Arab Saudi belum juga memberikan kejelasan, apakah ibadah haji bisa diselenggarakan atau tidak, maka dia meminta izin kepada Komisi VIII DPR untuk memutuskan nasib jamaah. Sebab, lanjut Nizar, pihak Kementerian Agama membutuhkan waktu minimal 25 hari untuk melakukan persiapan akhir dalam pelaksanaan ibadah haji.

"Jadi sampai akhir Mei, misalkan Pemerintah Saudi belum memberi kejelasan, maka saya mohon teman-teman untuk memutuskan untuk tidak berangkat. Karena tadi, ketercukupan waktu kami untuk mempersiapkan ini," ujarnya.









Nizar mengatakan berdasarkan informasi yang dihimpunnya hingga Rabu siang di Arab Saudi, hotel bintang 5 di Makkah sekarang dijadikan tempat karantina bagi warga Arab Saudi yang baru kembali ke negerinya.

Selain itu Kementerian Haji Arab Saudi pun hampir pasti tidak membuka umrah saat bulan Ramadhan alias ditutup. Padahal, ibadah umrah di bulan Ramadhan jamaahnya membludak sebab hampir sama dengan haji. “Kementerian Haji itu memprediksi umrah Ramadhan close,”katanya.

Nizar yang juga plt Sekjen Kementerian Agama memaparkan pula jadwal penyelenggaraan ibadah haji 2020 jika nanti tetap dilaksanakan. Nizar mengatakan pemberangkatan jamaah haji gelombang pertama akan dilaksanakan pada 26 Juni 2020.

"Tanggal 25 Juni masuk Asrama Haji dan 26 Juni akan take off kloter pertama, gelombang pertama. Kemudian akhir closing date kedatangan jamaah haji di Tanah Suci itu 25 Juli 2020. Lalu kemudian proses berikutnya pelaksanaan ibadah haji," kata Nizar dalam rapat yang disiarkan secara langsung di YouTube DPR RI itu.

Dia melanjutkan, untuk pemulangan jamaah haji gelombang pertama dari Arab Saudi ke Indonesia dilakukan pada 6 Agustus. Dia menyebut, sesuai jadwal yang dibuat, untuk pemulangan jamaah haji gelombang kedua dilakukan pada 21 Agustus.

"Lalu pemulangannya itu gelombang pertama dari Jeddah ke Tanah Air tanggal 6 Agustus sampai 20 Agustus, ini gelombang pertama. Tanggal 12-26 Agustus ini gelombang kedua yang dari Makkah menuju Madinah. Kemudian pemulangan gelombang kedua itu 21 Agustus sampai 4 September, sehingga jamaah haji sampai di Tanah Air diharapkan 4 September sudah proses seleksi totalitas untuk sudah selesai semuanya," papar Nizar.







Selain itu, Nizar juga mengulas kuota haji 2020 untuk Indonesia. Dia menuturkan untuk kuota haji tahun ini sebanyak 221 ribu.  "Untuk kuota haji reguler itu 22 persen, 203.320, haji khusus 17.680. Di tahun ini haji khusus dapat bonus 680 sesuai amanat UU," tutur Nizar.

Kemudian di sela-sela ini ada afirmasi sesuai amanat UU ada kuota untuk lansia 1 persen, sehingga di antara kuota haji reguler itu 1 persennya adalah 2.040 orang untuk usia lanjut. 

"Itu berdasarkan kombinasi, pertama adalah tingkat usianya yang paling tua, kemudian tingkat waiting list-nya lama dan tidaknya. Ini yang kita pertimbangkan dalam konteks ini," imbuhnya. (hud)


Jadwal Haji 2020 (Jika Dilaksanakan):






- 25 Juni                           : Jamaah haji masuk Asrama Haji
- 26 Juni-10 Juli              : Jamaah haji gelombang 1 berangkat dari Tanah Air 
                                          ke Madinah
- 5-19 Juli                         : Jamaah haji gelombang I berangkat dari Madinah ke
                                            Makkah
- 11-25 Juli                       : Jamaah haji gelombang II berangkat dari Tanah Air ke
                                           Jeddah/Madinah
- 25 Juli                             : Closing date KAAIA pukul 24.00 WAS
- 29 Juli                            : Hari Tarawiyah
- 30 Juli                            : Wukuf Arafah
- 31 Juli                            : Idul Adha
- 1-3 Agustus                   : Hari Tasyrik I
- 6-29 Agustus                 : Pemulangan jamaah haji gelombang I dari Jeddah ke
                                           Tanah Air
- 12-26 Agustus                : Jamaah haji gelombang II berangkat dari Makkah ke
                                            Madinah
- 20 Agustus                     : Tahun Baru Hijriah 1442 H
- 21 Agustus-4 September: Pemulangan jamaah haji gelombang II dari Madinah
                                            ke Tanah Air
- 5 September                    : Akhir kedatangan jamaah haji gelombang II di Tanah Air





Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Arab Saudi Beri Kepastian Haji Akhir April 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel