Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

44 Jamaah Umrah Terjebak Lockdown Arab Saudi Segera Dipulangkan

Tuesday, March 31, 2020 | 18:37 WIB Last Updated 2020-03-31T11:37:23Z


HAJIMAKBUL.COM - Semoga saja jamaah umrah Indonesia yang sekarang masih berada di tanah suci diberi keselamatan dan kesabaran oleh Allah SWT. Pasalnya, Arab Saudi sekarang menerapkan kebijakan lockdown menyusul semakin meluasnya wabah Corona. Namun demikian, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali memastikan jamaah umrah asal Indonesia yang tertahan di Arab Saudi akibat lockdown merespons wabah COVID-19 itu siap untuk dipulangkan.






"Semua jamaah umrah yang terdampak kebijakan lockdown Arab Saudi sudah terdaftar dalam sistem. Mereka tinggal menunggu jadwal pemulangan," kata Endang kepada wartawan di Jakarta, Selasa 31 Maret 2020.

Dia mengatakan mereka saat ini berada di hotel untuk menunggu kesiapan maskapai Arab Saudi memulangkan ke Indonesia. Rencananya mereka terbang ke tanah air dengan Saudia Airlines.








Jamaah yang terdaftar, kata dia, berjumlah 44 orang. Semua teridentifikasi menggunakan visa umrah. Saat ini komunikasi pemerintah Indonesia terus dilakukan dengan maskapai Saudia Airlines agar segera memulangkan mereka meski ada penghentian penerbangan.

Dari upaya itu, lanjut dia, jamaah yang akan dipulangkan berdasarkan data yang sudah terdaftar dan dilaporkan oleh KJRI di Riyadh. "Jamaah saat ini menginap di hotel yang disiapakan oleh penyelenggara umrah yang memberangkatkan mereka. Secara umum kondisinya baik, meski mereka berharap bisa segera pulang," katanya.

Selain itu sebelumnya Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi pada pekan lalu juga sudah menyatakan kesiapannya memfasilitasi kepulangan jamaah umrah usai ada penutupan penerbangan internasional. Pemulangan hanya bagi jamaah umrah yang masuk Arab Saudi pada periode 1441 Hijriyah. Karena itu, diharapkan keluarga jamaah umrah yang ada di tanah air tidak terlalu khawatir akan nasib para jamaah sebab sudah ada jaminan dari pemerintah Arab Saudi untuk memulangkan mereka. (gas)






×
Berita Terbaru Update