Download Buku Dzikir, Doa, dan Panduan Haji-Umrah Kemenag di Sini



HAJIMAKBUL.COM - Calon jamaah haji sekarang sibuk menyiapkan semua keperluan mereka untuk melakukan ibadah haji di tanah suci. Sebagian besar sibuk mengurus acara silaturahim dan selamatan. Ini tentu menyita waktu sebab banyak hal harus dilakukan, seperti belanja untuk konsumsi acara selamatan haji hingga menyiapkan suvenir atau oleh-oleh haji.

Banyak yang mengira oleh-oleh haji dibawa dari tanah suci, padahal sejatinya tidak. Warga masyarakat harus memahami betapa tidak masuk akalnya membawa oleh-oleh haji langsung dari tanah suci sebab sangat sulit, bahkan mustahil, mengingat larangan imigrasi dan bagasi penerbangan yang aturannya membatasi membawa barang dalam jumlah besar. 

Untuk itu caranya, jamaah haji jauh hari sudah membeli barang oleh-oleh seperti baju koko, kopiah/songkok, sajadah, kerudung/jilbab, tasbih, minyak wangi/parfum, kurma dan sejenisnya, hingga barang pecah belah, yang sekarang sudah banyak disediakan di tanah air. Tidak perlu membawanya dari tanah suci. Pusat Grosir Surabaya (PGS) atau Pasar Turi, Pasar Kapasan, dan pusat perbelanjaan lain di Kota Surabaya menyediakan semua itu.

Namun semua aktivitas itu jangan sampau melupakan intinya ibadah haji, yakni berdoa, berdzikir, dan ritual haji lain yang harus difahami dengan benar sejak di tanah air. Manasik haji sangat penting sebab bila tidak pelaksanaan haji kita akan kedodoran sebab hanya mengandalkan muthowif yang biasanya memimpin doa-doa ritual haji.

"Saya berhaji tahun 2022, ikut Abah Mukri, di Mojokerto. Daftar haji sudah lama, tapi dapat porsi hajinya 2022, Insya Allah maju tahu 2021, syukur kalau 2020 sebab kuota Indonesia ditambah 10 ribu. Saya berhaji bersama suami dan ibu saya. Sejak daftar haji, saya setiap hari membaca buku panduan manasik, berisi doa, dzikir, dan tanya jawab Manasik haji dan umrah yang diterbitkan oleh Kemenag. Saat daftar memang tidak dapat buku itu, tapi saya pinjam kakak ipar saya yang sudah berhaji. Saat saya umrah tahun 2017, saya sudah hafal doa, dzikir, dan tata cara manasik. Ini harus terus dihafalkan agar saat berhaji tahun 2022 tidak lupa," kata Ummu Kamilah, pemilik Resto Ikan dan Ayam Bakar Serta Soto di Teras 818 Bluru Permai Sidoarjo.

Untuk itu, redaksi hajimakbul.com menyediakan link untuk download buku panduan manasik haji tersebut. Para calon jamaah haji bisa mendownloadnya (mengambil file PDF)-nya dengan cara klik tautan berikut: 

https://www.hajimakbul.com/2019/04/download-pdf-buku-dzikir-doa-dan.html

Selanjutnya bisa diikuti petunjuknya. Selamat beribadah haji semoga pulang dari tanah suci menjadi haji yang mabrur. (gatot susanto)

   



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Download Buku Dzikir, Doa, dan Panduan Haji-Umrah Kemenag di Sini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel