Kakek Uhi Akhirnya Bisa Berhaji Atas Undangan Raja Salman



ISTIMEWA
BERTEMU RAJA SALMAN: Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althaqafi mengantar Kakek Uhi Idros Samri dan keluarganya untuk berangkat haji. 


HAJIMAKBUL.COM - Sejumlah orang karena saking rindunya untuk menjadi tamu Allah SWT disertai rajin-tekun ibadah, akhirnya benar-benar mendapat kesempatan berhaji gratis. Orang yang beruntung ini mendapat undangan berhaji secara khusus dari Raja Salman.Salah satu orang yang beruntung itu adalah Uhi Idros Samri alias Uhi (94).

Lantunan doa dan ayat suci mengiringi kakek Uhi dan keluarganya sesaat sebelum berangkat ke Bandara Soekarno-Hatta untuk pergi haji ke Tanah Suci. Para kerabat dan tetangga yang ikut melepas kakek Uhi tampak khusyuk memanjatkan doa agar Uhi dan sekeluarga menjadi haji yang mabrur.

Haru dan bahagia menyelimuti Kakek Uhi. Hari yang sangat dinanti-nanti pun akhirnya tiba. Selasa (30/7/2019) lalu kakek berusia 94 tahun ini meninggalkan kampung halaman untuk menunaikan ibadah haji.

Dari video yang dibagikan Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, Kakek Uhi tampak begitu gembira saat hendak menuju Tanah Suci. Mengenakan baju muslim dan celana panjang warna putih serta kopiah hitam, dia bersama sejumlah kerabatnya menggelar doa di rumah mereka yang sederhana, sebelum menuju bandara.

Kakek Uhi tampak terharu. Sesekali dia mengusap wajahnya, menahan tetes air mata. Usai doa bersama, mereka lantas menuju mobil minibus yang akan membawa rombongan ini. Lazimnya di kampung-kampung, para kerabat yang turut mendampingi Kakek Uhi tampak bersedekah, membagikan uang ke anak-anak kecil di lingkungan tempat tinggal.

Uhi dilepas para kerabat dengan pelukan dan iringan doa. Momen istimewa terjadi di bandara. Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althagafi menyambut kehadirannya.
Uhi yang duduk di kursi roda pun tak kuasa menahan keharuan. Dipegangnya erat-erat tangan Dubes Esam sambil berucap kata-kata lirih. Tak sekadar menggenggam, dia mencium tangan Dubes Esam untuk beberapa saat lamanya.

Mendapat perlakuan itu, Esam tak kalah memberi hormat. Giliran dia mencium tangan Uhi. Dia pun lantas merengkuh kepala pria yang akan menjadi tamu kehormatan Raja Salman bin Abdulaziz tersebut dan lantas mengecupnya. Dalam momen berikutnya, kakek Uhi lantas menengadahkan tangan dan berdoa, disaksikan Dubes Esam dan semua yang hadir di ruangan itu.

Esam menuturkan, Kakek Uhi akan bertemu Raja Salman saat menjalankan ibadah di Arafah, Mudzalifah dan Mina (Armina). 

”Beliau bersama tiga anak perempuan, seorang cucu laki-laki dan cucu menantu perempuan mendapat fasilitas eksklusif,” kata Esam dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Kakek Uhi viral di media sosial setelah video berbahasa Arab soal keinginannya  berhaji diunggah oleh keluarganya. Begitu viral dua minggu lalu, puluhan dermawan dari negeri petro dollar itu pun ramai-ramai menyampaikan niat baik mereka untuk dapat menghajikan Kakek Uhi. Hingga akhirnya video tersebut sampai ke Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman (MBS).

”Raja Salman dan Putra Mahkota langsung memerintahkan untuk mengundang sang kakek beserta sejumlah anggota keluarganya untuk dapat menjadi tamu kerajaan dan menunaikan ibadah haji tahun ini,” bunyi keterangan tertulis Kedutaan Besar Arab Saudi, Kamis (18/7/2019) lalu.

Kakek Uhi berangkat menggunakan maskapai Saudia Airlines bersama 5 anggota keluarganya. Sebelum berangkat, Esam Abid Althaqafi juga mendoakan Uhi sekeluarga supaya menjadi haji yang mabrur, serta kuat dalam menjalani rangkaian ibadah haji. (huda sabily)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kakek Uhi Akhirnya Bisa Berhaji Atas Undangan Raja Salman "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel