Banyak yang Meninggal di Arafah, Tenda Jamaah Haji Pun Diberi AC

Peresmian penggunaan AC di Tenda Arafah.

HAJIMAKBUL.COM - Jamaah haji Indonesia seperti dimanjakan saat menunaikan ibadah Wukuf di Padang Arafah. Pasalnya, tenda jamaah haji Asia Tenggara, termasuk Indonesia, tahun ini dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC. Biasanya, tenda haji hanya dilengkapi kipas angin.
Namun demikian bagi Ketua Muassasah Asia Tenggara M. Amin Indragiri penyediaan tenda ber- AC bukan soal memanjakan jamaah, tapi memang menjadi kebutuhan sebab hal itu menyangkut kehidupan para tamu Allah tersebut. Mengapa?
Ya, karena sesuai data, dalam tiga tahun terakhir,  rata-rata ada 70 jamaah haji meninggal dunia pada rentang waktu tanggal 8 - 9 Zulhijjah (Arafah).
"Jadi, proyek AC di Arafah bukan untuk foya-foya, tapi menyangkut kehidupan para jamaah,"  kata Amin ketika acara malam peresmian penggunaan AC di tenda Arafah yang berlangsung di Makkah, Senin (29/07/2019).
Acara itu dihadiri perwakilan misi haji dari negara-negara Asia Tenggara. Tampak perwakilan  dari Indonesia adalah Direktur Pelayananan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim,  dan Ketua PPIH Arab Saudi Endang Djumali. Mereka terlibat dalam acara peluncuran penggunaan tenda ber-AC tersebut.
Kepada  para perwakilan  misi haji, Amin mengimbau agar mereka memiliki pemahaman yang sama soal AC di tenda Arafah. Yakni untuk kehidupan. Bukan foya-foya.
 "Barangsiapa menjaga kehidupan seseorang, maka itu seperti menjaga kehidupan umat manusia," katanya.
Untuk itu perwakilan misi haji juga disuguhi pemutaran  film yang menggambarkan proses pemasangan AC di Tenda Arafah. AC yang digunakan terbagi dalam tiga tipe, yakni spesifikasi enam ton, 12 ton, dan 25 ton.
Dalam kesempatan itu Sri Ilham Lubis ditunjuk sebagai perwakilan luar negeri untuk memberikan sambutan di hadapan undangan yang hadir. Sri Ilham menyatakan bahwa jamaah Indonesia sangat senang saat mendengar akan ada AC di tenda Arafah. 
 Sri Ilham kemudian menyampaikan apresiasi atas usaha keras Muassasah yang terus berusaha meningkatkan layanan bagi jamaah di Arafah. Menurut Sri Ilham, setiap tahun pihaknya terus menyampaikan masukan perbaikan,  dan muassasah berusaha mewujudkannya.
"Perbaikan di Arafah dalam beberapa tahun terakhir tampak baik. Mulai dari penggunaan lampu LED, karpet baru, tenda baru, water cooler atau mist fan. Dan Alhamdulillah tahun ini muassasah memasang AC di tenda," katanya. (MCH)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Banyak yang Meninggal di Arafah, Tenda Jamaah Haji Pun Diberi AC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel