Kisah Haji Tamu Raja Arab Saudi (5): Teuku Wisnu dan Caesar Seperti Mimpi



 Setiap tahun umat Islam yang beruntung mendapat undangan untuk berhaji dari Raja Arab Saudi. Selain mantan wartawan Surabaya Post Achmad Supardi yang laporannya sudah dimuat di hajimakbul.com, aktor Teuku Wisnu dan komedian Caesar,  juga pernah berhaji atas undangan Raja Arab Saudi.


HAJIMAKBUL.COM - Sama dengan Achmad Supardi, aktor Teuku Wisnu (34) merasakan benar  nikmatnya mendapat undangan khusus Raja Salman. Teuku Wisnu diundang naik haji pada tahun 2016 lalu bersama 59 WNI lainnya, termasuk artis Caesar yang kala itu memantapkan diri untuk berhijrah. Lepas dari dunia hiburan yang telah membesarkan namanya 

Teuku Wisnu menceritakan kenikmatan naik haji atas undangan Raja Salman, penguasa Arab Saudi kaya raya yang bergelar “Pelayan Dua Masjid Suci” itu, lewat blognya.

“Pelayanan yang diberikan oleh panitia sangat luar biasa. Kami ditempatkan di hotel yang mewah, selain itu makanan dan kesehatan juga dijamin. Panitia sangat memperhatikan para tamu undangan,” tulis pria yang pernah main sinetron Cinta Fitri sebanyak 7 seri ini.

Teuku Wisnu menuliskan kisah naik hajinya itu dalam judul "Terima Kasih Raja Salman  pada Januari 2017, atau beberapa bulan setelah dia naik haji.

Shireen Sungkar, sang istri, mengaku bahagia karena impian suaminya, Teuku Wisnu, untuk pergi berhaji sudah terlaksana. Impian ini sudah dipendam lama. Dan akhirnya benar-benar terwujud. Sungguh sebuah keajaiban.

"Mulai dari hijrah, dia ingin haji. Bahagia banget dia bisa dapatkan kesempatan itu," kata Shireen.

Shireen mengaku tak percaya dengan undangan Raja Salman itu. Menurut dia, undangan yang diterima oleh suaminya itu bak mimpi. Namun nyata.

"Banyak yang nggak nyangka. Mimpi apa dapat undangan itu. Sebenarnya dispesialkan juga nggak. Yang penting bisa naik haji. Bahagialah," kata wanita 26 tahun ini.

Banyak yang menduga Wisnu terpilih berangkat haji karena ia seorang public figure yang dikenal orang-orang di Kedutaan Arab Saudi. Namun Shireen menyangkal dugaan tersebut.

"Nggak kenal. Cuma ditelepon kedutaan, sudah haji belum? Ya sudah dimasukin daftar. Nggak terlalu ngarep juga. Itu mereka milihnya random. Ada yang dari Papua, dari tukang foto Masjid Al Azhar," pungkas Shireen.

Caesar Aditya Putra juga menjadi salah satu undangan istimewa dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud untuk menunaikan ibadah haji. Saat itu  dia berhaji  bersama Teuku Wisnu, Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis, dan sebanyak 57 tamu khusus Raja Saudi lainnya.

Acara pelepasan 60 orang tamu khusus Raja Saudi berlangsung di depan kediaman Duta Besar Saudi Arabia di Jalan Teuku Umar, Kawasan Menteng, Jakarta, pada Sabtu (3/9/2016).

Adanya acara itu membuat kantor kedubes yang biasanya sepi menjadi tampak meriah. Sebelum bertolak ke Tanah Suci, para tamu istimewa tersebut berkumpul di kediaman dubes Arab Saudi untuk beramah tamah dengan pihak kedutaan, sekaligus pembagian perlengkapan ibadah haji.

Caesar sendiri sebelumnya sempat menjadi ikon jagat hiburan pada periode 2013 berkat jogetnya yang terkenal dengan sebutan goyang Caesar. Di salah satu televisi swasta, Caesar pun menggoyang para penghiburnya lewat program "Yuk Keep Smile".

Hanya saja kemudian Caesar memilih keluar dari dunia hiburan. Dia memutuskan untuk hijrah dan mendalami ilmu agama. Dengan istrinya yang bercadar, Caesar sekarang berjualan busana Muslim, makanan, dan menjadi presenter off-air.

Caesar pun mengaku tidak menyangka bisa mendapatkan undangan istimewa langsung dari Raja Saudi. Dia bersyukur tak perlu antre bertahun-tahun untuk naik haji.

"Rasanya seperti mimpi karena sama sekali tidak pernah terlintas akan mendapatkan undangan istimewa ini. Saya tidak perlu antre bertahun-tahun untuk naik haji, tapi langsung berangkat dan semua diurus pihak Kedutaan Saudi," kata Caesar. 

Di kediaman dubes, Caesar pun sempat melayani penggemarnya untuk foto bersama. 

Hartati, mertua Caesar yang saat itu ikut mengantar, juga terkejut. Dia pun hanya bisa menduga-duga alasan Pemerintah Arab Saudi mengundang menantunya itu.

"Mungkin karena Caesar mau meninggalkan dunia hiburan yang gemerlap dan memutuskan untuk menekuni agama," kata wanita asal Lampung itu.

Demikian halnya dengan Teuku Wisnu yang datang ditemani istrinya, Shireen Sungkar. Aktor sekaligus presenter yang memelihara jenggot lebat itu mengaku sama sekali tidak mengetahui kriteria apa yang dipakai oleh pihak Kedutaan Arab Saudi sehingga ia terpilih sebagai salah satu tamu Raja Arab Saudi itu.

"Saya juga tidak menduga dan tahu-tahu saya mendapat telepon yang memberitahukan saya mendapat undangan khusus," katanya.

Saat melepas secara resmi keberangkatan tamu khusus rajanya itu, Atase Bidang Agama Kedutaan Besar Arab Saudi Sheik Saad Annamawi menegaskan bahwa pemerintahnya memberikan perhatian khusus terhadap umat Islam Indonesia.

"Anda tidak hanya menjadi tamu Raja Salman, tapi juga tamu Allah," kata Sheik Saad.

Selain mereka, Raja Saudi juga mengundang tokoh daerah seperti Syaifudin Wailata, tokoh adat Raja Ampat, Papua Barat, serta rekannya, Muhammad Thamrin Saleo, juga dari Raja Ampat. (*)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kisah Haji Tamu Raja Arab Saudi (5): Teuku Wisnu dan Caesar Seperti Mimpi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel