Mendoakan Orang Nonmuslim



foto: pixabay

PERTANYAAN:
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Pak Ustadz, saya ingin mendapatkan penjelasan bagaimana saya harus berdoa apabila diminta berdoa untuk teman atau atasan yang beda keyakinan dengan saya. Sebab, Tuhan yang saya sembah berbeda dengan Tuhan yang dia sembah. Sedangkan pengetahuan agama saya sangat minim.
Pertanyaannya saya, (1) Apakah saya perlu menyebut, misalnya: a. Ya Allah Yang Maha Penyayang. b. Ya Allah Tuhan yang Maha Bijaksana. Dll. (2) Apakah saya harus menolak saja karena akidah kita sudah berbeda, dengan menerima segala resiko yang akan diberikan kepada saya?

Imron – Jakarta Utara

JAWABAN: 
Wa’alaikumussalam Wr. Wb.
Mas Imron yang saya hormati. Hubungan muslim dengan nonmuslim ada dua hal. Pertama yang menyangkut masalah dunawi (muamalah), seperti bertetangga, berdagang, belajar dan lainnya. Dalam hal ini seorang muslim diperbolehkan melakukan hubungan kerjasama dengan saling menguntungkan dan tidak melanggar aturan syariat.
Kedua, masalah yang menyangkut ukhrawi atau akidah dan ibadah (agama), seperti doa, sembahyang dan semacamnya. Dalam masalah agama ini, Islam tegas melarang untuk saling kerjasama yang akan mengaburkan dan mendangkalkan akidah.
Hal ini berdasarkan firman Allah SWT: “Katakanlah, hai orang-orang kafir, aku tidak menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan menyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah  menjadi penyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmulah agamamu, dan untukkulah agamamku”. (QS. Al-Kafiruun. 1-6)
Mas Imron yang dimuliakan Allah SWT. Baiklah akan pengasuh jawab pertanyaan anda. Pertama. Anda diminta mendoakan teman atau atasanmu yang beda agama. Boleh anda lakukan, jika doa itu memohonkan “hidayah” (petunjuk) kepada Allah SWT, agar dia masuk Islam, bukan untuk keselamatannya dan kejayaannya.
Hal ini pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW ketika mendoakan orang kafir yang menganiaya Rasulullah dengan lafadz doa “Allohummahdi qoumi fainnahum laa ya’lamuun” (Ya Allah berikanlah petunjuk kepada kaumku, karena mereka tidak mengetahui).
Jika anda berdoa untuk temanmu itu, maka tetap anda memohon kepada Allah yang anda sembah bukan kepada Tuhan yang disembah temanmu. Maka boleh mengucapkan kata: Ya Allah Yang Maha Penyayang. Ya Allah Tuhan Yang Maha Bijaksana dll dengan keyakinan kepada Tuhan Allah Azza Wa jallah yang tidak beranak dan tidak diperanakkan.
Kalau anda diminta doa keselamatan atau kejayaan teman atau atasan anda nonmuslim, jika anda berani resiko lebih baik menolak, karena doa itu inti ibadah dan ibadah tidak boleh dipersembahkan kepada nonmuslim.
Namun jika anda takut dengan resiko yang mengakibatkan madlorrat bagi anda dan pekerjaan anda, maka bisa anda lakukan dengan doa mohon hidayah agar dia mendapatkan petunjuk dari Allah agar masuk islam.
Semoga dengan menjaga akidah dan keyakinan yang tulus, anda mendapatkan jalan keluar dari semua persoalan yang dihadapi. Amiin. (*) 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mendoakan Orang Nonmuslim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel