Kata-kata Mutiara Hikmah yang Abadi



HAJIMAKBUL.COM - Selain Al Quran dan Hadist serta ucapan para Sahabat Nabi SAW, ucapan dan nasihat syeikh, ulama, atau kiai abadi di hati umat Islam. Muslim dalam berbagai generasi akan mengingat ucapan yang memiliki hikmah itu. Bahkan, ucapan dan nasihat itu menjadi perilaku mereka turun temurun ke generasi berikutnya.  

Berikut ini quote, kata-kata mutiara hikmah, atau ucapan dan nasihat menyejukkan, hadits-hadits Nabawiyah yang dikumpulkan dari status facebook yang selama ini diposting pada page facebook Madinatuliman.com (Islam Balikpapan). 


"Sungguh beruntung orang yang mati tapi kebaikannya tak turut mati. Dan sungguh celaka orang yang mati namun keburukannya tidak pula ikut mati."


“Kegigihan usahamu pada [perkara-perkara] yang telah pun dijaminkan untukmu (yakni di dalam urusan-urusan rezeki) di samping kelalaianmu pada [perkara-perkara] yang telah dituntut daripadamu (yakni di dalam mengerjakan ibadat) adalah satu dalil bagi terhapusnya al-bashirah (penglihatan mata hati) daripada dirimu”. (Syaikh Ibnu ‘Athoillah As-Sakandari)



"Cara terbaik menghukum orang yang telah melakukan kesalahan terhadap kita ialah dengan berbuat baik kepadanya".

        لا يُقبل قول إلا بعمل، ولا يستقيم قول وعمل إلا بنية، ولا يستقيم قول وعمل ونية إلا بمتابعة السنة.

"Tidak diterima ucapan tanpa perbuatan, tidak akan lurus (benar) ucapan dan perbuatan tanpa niat, dan tidak lurus (benar) ucapan, perbuatan dan niat, kecuali dengan mengikuti Sunnah Rasulullah SAW”. (Imam Sufyan Ats-Tsauriy)


"Diamnya seorang 'alim itu adalah merupakan sebuah aib/cela dan perkataannya itu adalah sebuah perhiasan, sedangkan perkataan seorang yang jahil itu adalah merupakan sebuah 'aib dan diamnya adalah sebuah perhiasan".



"Kalau ada orang yang meragukan keluasan ilmu Imam al-Syafi'I Rahimahullah, berarti orang tersebut adalah orang yang perlu diragukan" (Habib Novel bin Muhammad Alaydrus)


“Dalam shalatku selama 40 tahun, aku tak pernah lupa mendo’akan guruku yang bernama Imam Syafi’i. Itu kulakukan karena aku memperolah ilmu dari Allah lewat beliau”. (Yahya bin Said al-Qathan)


“Raihlah sesuatu dengan bakat yang kau miliki, dan jangan meraihkan (mengingatkan) sesuatu sesuai dengan nafsu atau seleramu”. (Lukman Hakim)

"Sesungguhnya kebaikan itu memancarkan cahaya pada wajah seseorang, dan cahaya pada hati, keluasan dalam rezeki, kekuatan pada badan, kecintaan di tengah makhluk. Dan keburukan akan mengakibatkan kehitaman pada wajah, kegelapan dalam hati, kelemahan badan dan kekurangan rezeki, serta kebencian di dalam hati para makhluk Allah.'' (Abdullah bin Abbas Radliyallah ‘anh)

ما زلنا طالبين لله

“Selamanya kita adalah santri pencari ilmu karena Allah”

لايدرك النائم أنه يحلم إلا بعد أن يستيقظ  وكذلك الغافل عن الآخرة لايدرك ماضيع إلا بعد أن يأتيه الموت . اللهم لا تجعلنا من الغافلين

“Orang yang tidur tidak akan tahu kalau dirinya sedang bermimpi kecuali setelah bangun, begitu juga orang yang lupa (lalai) akan akhirat tidak akan tahu kalau dirinya sedang menyia-nyiakan amal akhirat, kecuali setelah datangnya kematian. Ya Allah jangan jadikan kami orang-orang pelupa (lalai)”. (Syaikh Sami al-Musaithir)

اعلم ان الباب الاعظم الذي يدخل منه إبليس على الناس هو الجهل

“Ketahuilah, sesungguhnya pintu terbesar manusia yang dimasuki oleh iblis adalah kebodohan” (al-Hafidz Imam Ibnul Jauzi al-Hanbali)

من اشتغل بنفســه شغل عن الناس

“Barang siapa sibuk dengan dirinya sendiri maka orang tersebut akan jauh dari mencari kekurangan orang lain”. (Abu Sulaiman Ad-Darani)

غضب الاشراف يضهر فى افعالها # وغضب السفهاء يضهر فى السنتها

"Marahnya orang yang mulia bisa terlihat dari sikapnya, dan marahnya orang yang bodoh terlihat dari ucapan lisannya" (Imam Syafi’i)


"Tenanglah dan sejukkan jiwamu dengan kebersamaan para Imam-Imam kaum Muslimin dan para Sahabat Radhiyallahu’anhum. Sungguh mereka itulah yang bersama Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa Sallam, kita tak akan bersama Rasulullah Shallalahu 'alayhi wa Sallam kecuali bila kita mengikuti mereka" [Al Habib Munzir Al Musawa, pengasuh Majelis Rasulullah SAW]

الوقت كالسيف فإن قطعته والا قطعك

“Waktu laksana pedang, jika engkau tidak memotongnya, maka ia akan memotongmu”

ونفسك إن لم تشغلها بالحق وإلاشغلتك بالباطل

“Nafsumu jika tidak engkau sibukkan dengan kebenaran (haq), niscaya akan menyibukkanmu dengan kebatilan”

سَلاَمَةَ الإِنْسَانِ فيِ حِفْظِ اللِّسَانِ

“Keselamatan seseorang ialah dengan menjaga lisannya”

مَنْ قَالَ: سُبْحَانَ اللَّهِ العَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ، غُرِسَتْ لَهُ نَخْلَةٌ فِي الجَنَّةِ

“Barangsiapa yang mengucapkan : “Subhanallahil ‘Adhim wa bi-Hamdih”, ditanamkan untuknya sebatang pohon kurma di surga” (HR. Turmudhi)


اَلْحَـرْفُ يَـبْقَى بَعْدَ الْمَوْتِ شَاهِداً .. فَاكْتُبْ بِكَفِّكَ مَا تَـرَاهُ جَمِيْلاً

"Huruf yang kamu tulis itu akan tetap ada sebagai saksi walaupun kamu sudah mati .. Maka tulislah dengan tanganmu hal-hal yang kamu lihat baik”

وأفضل العلم علم الحال ... وأفضل العمل حفظ الحال

"Ilmu yang paling utama adalah ilmu hal (tingkah laku) ... dan amal yang paling utama adalah menjaga tingkah laku”. (Syaikh Ahmad Az-Zarnuji berkata didalam Ta'lim Al Muta'allim)

تعـلـم فــإن الـعلـم زيـن لأهــلــه ... وفــضـل وعــنـوان لـكـل مـــحامـد
وكــن مـستـفـيدا كـل يـوم زيـادة ... من العـلم واسـبح فى بحـور الفوائـ

“Belajarlah kalian, karena sungguh ilmu adalah perhiasan bagi pemiliknya ... dan menjadi keutamaan serta sebagai penolong pada setiap hal yang terpuji. | Jadilah kalian orang yang selalu mengambil faidah disetiap waktu sebagai tambahan ... ilmu, dan selamilah samudera-samudera faidah tersebut”.

من علامة اتباع الهوى المسارعة إلى نوافل الخيرات و التكاسل عن القيام بالواجبات

“Diantara tanda seseorang mengikuti hawa nafsu adalah bersegera melakukan amaliyah-amaliyah yang sunnah namun malas untuk menegakkan yang bersifat wajib” (Syaikh Ibnu ‘Athaillah As-Sakandariy)


"Persahabatan terkadang menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan tumbuh dan berkembang bersama"

وَالحُبُّ فِي اللَّهِ وَالبُغْضُ فِي اللَّهِ مِنَ الإِيمَانِ

“Cinta dan benci karena Allah Subhanahu wa ta'alaa termasuk bagian dari Keimanan”

ما هذا؟! أنتم إلى يسير من الأدب أحوج منكم إلى كثير من العلم

Ketika Al-Laits bin Sa’d menemui para pencari hadits, kemudian melihat sesuatu yang ada pada mereka, maka ia berkata, “Apa ini ?!, Kalian lebih membutuhkan sedikit adab daripada banyaknya ilmu.”  (Syaraf Ashabul Hadits, karya Al Khathib Al Baghdadi )

"Aku telah membuktikan bahwa kenikmatan hidup itu ada pada kesabaran kita dalam berkorban." (Sayyidina Umar bin Khaththab)

"Hamba yang saling mencintai karena Allah akan mendapatkan pertolongan istimewa di padang makhsyar dan di surga akan ditempatkan di tempat mulia yang bersinar - sinar yang membuat semua penghuni surga merindukan untuk bisa bersama mereka. Dan tanda hamba yang saling mencintai adalah tidak pernah meninggalkannya dalam panjatan doanya. Maka dari itu jangan lupa sertakan kami dalam doa anda dan doakan kami agar tidak lupa mendoakan anda agar kita mendapatkan kemuliaan hamba-hamba yang saling mencintai karena Allah. " (Al Ustadz Yahya Zainul Ma'arif)

أرِحْ نَفْسَكَ مِنَ التَّدْبِيرِ فما قامَ بهِ غيرُكَ عنْكَ لا تَقُم بهِ لنفسِكَ

“Istirahatkan dirimu dari mencemaskan masa depan. Apa yang sudah ditanggung pihak lain (Allah) untukmu, kau tidak perlu ikut menanggungnya”.

"Jika hanya sebatas keluar dari lisan, niscaya hanya akan sampai ke telinga. Namun, jika yang keluar dari hati niscaya akan sampai ke hati"

"Ilmu yg bermanfaat adalah ilmu yg dapat menambah rasa takutmu (taqwa-mu) kepada Allah Taala. "

"Bukan dengan merendahkan orang lain yang menjadikan kita mulya. Bukan dengan membuka aib orang lain yang menjadikan kitab terpuji. | Bukan pula dengan mengkafirkan orang lain yang menjadikan kita beriman. Bukan pula dengan memperolok orang lain yang menjadikan kitab pandai"

"Keburukan yang ditata dengan baik, bisa mengalahkan kebaikan yang ditata buruk"

"Tidak peduli masa belakangmu, tapi peduli pada masa depanmu, semuanya tergantung pada tindakan kita pada masa kini"

"Jangan jadi bebek, kalaupun mau jadi bebek maka jadilah bebek yang berprinsip"

Sumber:

http://madinatuliman.com/kumpulan-kata-mutiara-islami-dan-nasehat-penyejuk-qalbu/



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kata-kata Mutiara Hikmah yang Abadi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel