Jamaah Umrah Anamta Tour Tetap Semangat Beribadah di Tengah Cuaca Panas Kota Makkah



HAJIMAKBUL.COM - Jutaan jamaah umrah di bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah tahun ini harus menghadapi cuaca  panas di Tanah Suci. Suhu udara pada siang hingga sore hari bisa mencapai 39 derajat Celcius hingga 42 derajat Celcius.

Karena itu jamaah umrah harus membawa air dalam botol bila melakukan ibadah pada siang hari. Air itu biasanya disemprotkan ke arah bagian tubuh mereka agar sedikit sejuk dan segar.






Rombongan jamaah umrah dari PT Annur Maknah Wisata (Anamta Tour) yang berjumlah total 104 orang sempat menikmati beribadah di bulan suci Ramadhan meski hanya satu hari. Berpuasa satu hari dan salat tarawih di Masjidil Haram satu kali. Setelah itu rombongan ini kembali pulang ke Tanah Air.


"Kami merasakan cuaca panas. Siang menjelang sore yang kerasa panas. Sempet pas umrah kedua suhu mencapai 42 derajat. Sebelum puasa kami bawa air kalau melakukan ibadah di siang hari. Banyak minum agar tidak dehidrasi. Ada juga yang bawa semprotan air. Saat puasa Ramadhan, tidak ada aktivitas di siang hari. Baru sore dan malam hari Kota Makkah padat sekali. Kami merasakan tarawih hanya sekali dan puasa sekali di Makkah,"  kata Maria de Vega, Branch Manager PT Annur Maknah Wisata (Anamta Tour)  yang menyertai rombongan, saat ditemui baru pulang kembali ke Tanah Air.


Rombongan ini berangkat tanggal 29 April 2019, landing di Bandara Jeddah lalu lanjut perjalanan ke Madinah dengan bus. Jamaah dibagi dalam 3 bus. "Penerbangan menggunakan pesawat Saudi Airlines direct to Jeddah," katanya.






Sesampai di Madinah mereka melakukan kegiatan ibadah selama di Masjid Nabawi dan sekitar seperti salat dan berdoa di Raudah, berziarah di Makam Baqi, mengunjungi Museum Al Qur’an, Masjid Ghamamah, dan Masjid Ali. Ziarah Madinah mengunjungi Masjid Quba, Jabal Uhud, Kebun Kurma, dan Masjid Qiblatain.

"Total di Madinah 4 hari 3 malam, kami menginap di Hotel Concorde Dar Al Khair (bintang 4). Jaraknya sekitar 150 meter dari Masjid Nabawi," kata Maria de Vega.

Setelah itu bergerak ke Makkah. "Kami tiba di Makkah selepas Isya. Jadi umrah pertama kami laksanakan malam hari," ujarnya.


Rombongan sempat salat tarawih di Masjidil Haram satu kali. Salat malam dimulai pukul 21.00 malam sebanyak 20 rakaat. Imam membacakan ayat suci Al Quran tidak terlalu panjang. Menghabiskan satu juz. Salat tarawih dan witir tiga rakaat selesai sekitar pukul 23.00 menjelang tengah malam.

"Sempat ada salat jenazah dua kali. Setelah selesai witir satu rakaat mambaca doa qunut," katanya.

Kota Makkah saat malam Ramadhan sangat padat. Pada sore menjelang Maghrib jamaah sudah berdatangan ke masjid untuk iftar kemudian salat Maghrib.

"Alhamdulillah rombongan jamaah kami antusias ibadahnya meski cuacanya panas. Semua ikut umrah. Yang berat saat thawaf, tapi alhamdulillah lancar," katanya.


Bagi masyarakat yang ingin umrah bersama PT Annur Maknah Wisata (Anamta Tour) bisa menghubungi alamat berikut ini:

Alamat kantor pusat : Jl. KH Abdullah Syafe'i No.50F, Tebet, Jaksel.

Kantor cabang : Jl. Raya Ngagel No.77E Surabaya. (Gatot Susanto




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jamaah Umrah Anamta Tour Tetap Semangat Beribadah di Tengah Cuaca Panas Kota Makkah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel