The Secret of Treat Others

Buku Hijrah Rezeki karya Ustad Arafat laris manis.

Oleh Ustad Arafat

HAJIMAKBUL.COM - Lihat deh aksi seorang bayi saat pertama kalinya mengenal cermin, lucu banget! Ia mengira ada saudaranya di belakang cermin sana, tetapi begitu dicari gak ketemu. Ia betul-betul keheranan mengapa saudaranya itu begitu mirip dengannya. Bahkan mengikuti setiap gerakannya.

Memang demikianlah sifat sebuah cermin. Apa yang kita lakukan, akan diikuti oleh "saudara" kita sendiri yang ada di belakang cermin sana. Kalau ingin dia tersenyum, kita cukup senyum saja. Sebaliknya begitu kita perlihatkan wajah marah, dia akan ikut marah. 




Jadi apa yang kita inginkan untuk dilakukan oleh saudara kita, cukup dimulai dari diri kita sendiri. Ia nanti pasti mengikuti. Tepat kiranya Rasulullah bersabda,

المؤمن مرآة أخيه

"Seorang mukmin adalah cermin bagi saudaranya."

(Hadist Riwayat Abu Daud)

Sikap yang kita terima dari saudara kita, tidak lain adalah pencerminan dari sikap kita kepadanya. Oleh karena itu muliakan orang lain, agar mereka juga memuliakan kita. 

Treat others the way you want to be treated.

Petuah bijaksana dari negeri Barat tersebut selaras dengan hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Al-Imam Muslim,

فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُزَحْزَحَ عَنْ النَّارِ وَيُدْخَلَ الْجَنَّةَ فَلْتَأْتِهِ مَنِيَّتُهُ وَهُوَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَلْيَأْتِ إِلَى النَّاسِ الَّذِي يُحِبُّ أَنْ يُؤْتَى إِلَيْهِ

"Barangsiapa yang ingin dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga maka hendaknya datang kematiannya dalam keadaan ia beriman kepada Allah dan hari akhir, dan hendaknya ia perlakukan manusia sebagaimana ia suka diperlakukan demikian."

Inilah rumus sederhana untuk hidup sukses dan bahagia. Sungguh banyak sekali praktek yang bisa kita amalkan dari rumus Rasulullah ini dalam kehidupan sehari-hari. 

Siapa yang ingin usahanya lancar, maka biasakan untuk memperlancar usaha saudara kita. Belilah produk mereka, bantulah perniagaan mereka. 

Jangan setiap saat kita selalu mengejar-ngejar harga terendah, sehingga berpaling dari saudara kita sendiri hanya karena selisih yang tidak seberapa. Ingat, kita juga punya perniagaan, dan produk kita juga tidak selalu yang termurah.

Siapa yang ingin agar kejelekannya tidak tersebar kepada orang banyak, maka janganlah kita menceritakan kejelekan orang lain. 

Ingat, kita juga punya aib dan orang lain juga mampu bercerita. Maka perlakukan setiap orang sebagaimana kita ingin diperlakukan oleh mereka. Niscaya kebahagiaan dan kemuliaan akan kita raih bersama. 

Salam Hijrah. 
⏰ Waktunya bangun dan berubah dari tidur panjang kita!


* Diambil dari Telegram Ustad Arafat atas izin Beliau. Ustad Arafat merupakan penulis buku best seller Hijrah Rezeki.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "The Secret of Treat Others"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel