Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Waduh, Seorang Ibu Lupa Bawa Bayinya, Pesawat Saudi Arabia pun Balik ke Bandara Jeddah

Tuesday, March 12, 2019 | 10:56 WIB Last Updated 2019-03-12T23:11:21Z


HAJIMAKBUL.COM -
Bagi masyarakat yang sudah berhaji atau berumrah pasti sudah tahu bagaimana layanan maskapai Saudi Arabia Airlines. Namun, kejadian di salah satu pesawat Saudi Arabia Airlines ini  bukan terkait haji atau umrah melainkan proses wisata biasa. 

Seorang ibu bikin heboh saat naik pesawat di Bandara Jeddah setelah dia menyadari bahwa ternyata dirinya naik pesawat sendirian padahal tengah bepergian membawa bayinya. Perempuan itu pun baru sadar bila sang bayi  ketinggalan di ruang boarding.

Dia pun panik sebab pesawat sudah telanjur terbang. Lalu dia memberi tahu kondisinya kepada awak pesawat. Setelah beberapa saat, pesawat yang sudah terbang pun diminta putar balik untuk menjemput sang bayi.

Insiden ini terjadi di pesawat Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SV832 yang berangkat dari Jeddah, Arab Saudi, menuju ke Kuala Lumpur, Malaysia, pada akhir pekan lalu. Saat kejadian, seorang wanita berkebangsaan Arab Saudi yang tidak disebutkan identitasnya melapor ke pramugari yang bertugas bahwa bayinya ketinggalan di ruang tunggu Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.


Laporan ini pun diteruskan kru kabin ke sang pilot. Sang pilot pun meminta izin ke petugas ATC untuk putar balik ke Jeddah. Saat diberikan alasan kenapa pesawat tersebut putar balik, petugas ATC sempat terkejut. Petugas tidak percaya ada seorang ibu penumpang pesawat sampai lupa membawa bayinya ke dalam pesawat. Ini kejadian yang sangat langka. Petugas pun sempat menghadaoi dilema sebab pesawat sudah mengudara, sementara bayi itu tidak mungkin ditinggal sendirian di ruang tunggu tanpa ibunya.

Dalam video pendek berdurasi 1 menit yang beredar viral di beberapa Facebook, Instagram, Youtube, dan Twitter, bisa terdengar jelas percakapan antara sang pilot dengan petugas ATC saat meminta izin untuk putar balik.

"Masya Allah. Kita bisa kembali atau tidak?" ujar sang pilot dalam video tersebut.

Sang operator ATC pun menanyakan ke koleganya soal protokol terkait keadaan darurat ini.

"Penerbangan ini meminta untuk kembali, seorang penumpang melupakan bayinya di ruang tunggu bandara. Kasihan," kata petugas ATC.


Petugas ATC sampai harus menanyakan 2 kali alasan mengapa pesawat SV 832 itu meminta untuk kembali. Sang pilot pun menegaskan bahwa ada penumpang yang ketinggalan bayi dan menolak untuk melanjutkan penerbangan.

"Kami sudah beri tahu, ada seorang penumpang meninggalkan bayinya di terminal dan menolak untuk melanjutkan penerbangan," tegas sang pilot.

Di video itu, akhirnya petugas ATC memberikan izin bagi pesawat untuk kembali ke Bandara King Abdul Aziz.

"OK, kembali ke gate. Ini kejadian yang baru buat kita!" tutupnya. Sungguh keputusan yang sulit tapi sangat mengharukan. Semua orang lega melihat kejadian ini. Sekaligus terharu.

Sampai berita ini ditulis, belum ada kelanjutan apakah sang ibu pelupa ini berhasil bertemu lagi dengan bayinya yang terlupakan atau tidak. Tapi banyak traveler di medsos yang mengapresiasi keputusan sang pilot untuk putar balik dengan alasan kemanusiaan. (*)
×
Berita Terbaru Update