Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Inilah Tata Cara Perekaman Biometrik dan Tempatnya di 7 Kota Besar

Tuesday, March 12, 2019 | 09:35 WIB Last Updated 2019-03-12T23:11:36Z


HAJIMAKBUL.COM - Pemerintah Arab Saudi menetapkan rekam biometrik sebagai syarat pembuatan visa jamaah haji. Proses rekam biometrik sudah dimulai sejak hari Senin 11 Maret 2019 kemarin di sejumlah kantor  VFS Tasheel yang tersebar di seluruh Indonesia. VFS Tasheel adalah pihak yang ditunjuk oleh Pemerintah Arab Saudi untuk melakukan proses rekam biometrik.


Lalu di mana calon jamaah haji yang akan melakukan perekaman? Inilah alamat Kantor VFS Tasheel di tujuh  kota besar di Indonesia sesuai siaran pers Kemenag RI:


1. Jakarta:


A. Pasar Raya Blok M - Lantai 1 (Jalan Sultan Iskandarsyah II No. 1, Rt.03/Rw.01 Melawai Kebayoran Baru Jakarta Selatan, DKI Jakarta Indonesia)


B. Cipinang Indah Mall - Lantai Dasar (GF)(Jalan Raya Kalimalang No.kav. 88, RT.18/RW.3, Pondok Bambu, Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta Indonesia)


C. Epiwalk - Lantai 2 (Kawasan Rasuna Epicentrum, Jalan HR. Rasuna Said, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940)

2. Bandung:

Click Square Mall (Jalan Naripan No.89, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat Indonesia)


3. Surabaya: 

BG Junction  (Jalan Bubutan No.1-7, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur Indonesia)

4. Medan:

Cambridge City Square - Lantai Dasar (Jalan S. Parman, Petisah Tengah, Kota Medan, Sumatera Utara Indonesia)


5. Makassar:
VFS Tasheel - Front of Hotel The Rinra (Jalan H.M Daeng Patompo Panambungan, Mariso, Makassar , 90134, Sulawesi Selatan)

6. Balikpapan:

Balikpapan Ocean Square - Lantai 3A (Jl. Jenderal Sudirman, Klandasan Ilir, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Indonesia)

7. Banda Aceh: 

Gedung Pasar Atjeh - Lantai III(JL. Diponegoro, Gapong Baru, kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh Indonesia)


Tata Cara

Menurut Kasubdit Dokumen Haji Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri Nasrullah Jassam di Jakarta, Senin (11/3/2019), perekaman biometrik jamaah haji Maluku Tenggara Barat sudah mulai Senin pagi. Demikian juga dengan sekitar 85 jamaah haji di Ambon. 


Nasrullah mengatakan, meski dibuka mulai Senin kemarin namun belum semua kantor layanan VFS Tasheel sudah melakukan perekaman. Saat ini, total ada 34 kantor layanan VFS di 34 titik, kecuali Provinsi Papua, Papua Barat, dan Maluku Utara. Mereka juga sedang menambah tujuh titik layanan lagi, yaitu di Solo, Semarang, Cirebon, Serang, DI Yogyakarta, Pekanbaru, dan Palembang.

“Proses perekaman berbasis manifest daftar jamaah haji yang diterbitkan oleh Kemenag. Manifest itu diserahkan ke pihak VFS Tasheel untuk dilakukan input data,” ujarnya.

VFS Tasheel selanjutnya akan membuat jadwal perekaman. Jamaah lalu datang ke kantor VFS Tasheel sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Untuk memudahkan layanan jamaah, lanjut Nasrullah, Kemenag sudah menyampaikan usulan kepada VFS Tasheel untuk menambah titik layanan lagi di 120 lokasi yang tersebar di kabupaten/kota pada provinsi dengan jamaah banyak dan lokasinya jauh.

Misalnya, di pulau Jawa, Sumut, Sulsel, dan beberapa daerah kepulauan. VFS Tasheel merespon positif usulan ini dan akan mengkajinya. VFS Tasheel juga akan membuka layanan bergerak atau mobile services.

"Untuk wilayah seperti Papua, kemungkinan layanan bukan dalam bentuk kantor tapi dalam bentuk bio mobile," tuturnya.

"Layanannya mirip dengan layanan perpanjangan sim keliling," sambungnya.

Pada 25 Februari 2019, Ditjen PHU telah merilis jamaah haji yang berhak melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH)  1440H/2019M. Hal teknis terkait rekam biometrik ini, kata Nasrullah, akan disampaikan oleh bidang haji di masing-masing Kanwil Kemenag Provinsi dan Kasi Haji Kankemenag Kab/Kota. (hud)







×
Berita Terbaru Update