Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

3 Tahun Hafal 30 Juz, Kini Juara I MHQH 2019 Dapat Hadiah Naik Haji

Saturday, March 16, 2019 | 10:40 WIB Last Updated 2019-03-16T03:40:42Z

HAJIMAKBUL.COM - Paduan keren santri jaman now. Wajah tampan. Modis. Dan tahfiz. Pemuda keren ini hafal ayat suci Al Quran 30 juz. 
Dan karenanya dia pun meraih juara I Musabaqah Tahunan Hafalan Alquran dan Hadist (MHQH) Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su'ud Rahimahullah Tingkat ASEAN dan Pasifik ke 11 Tahun 2019 M/1440 H di Ritz Charlton, Jakarta, Kamis (14/03) malam. Malam itu menjadi momen bersejarah bagi Rizki Maulana. Sang juara.
Dalam ajang bergengsi tingkat internasional tersebut, mahasiswa Fakultas Ushuludin dan Studi Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) ini menorehkan pretasi gemilang.
Seperti dikutip dari Kemenag.go.id, Rizki Maulana berhasil menyabet Juara I kategori hafalan 20 juz MHQH Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su'ud Rahimahullah Tingkat ASEAN dan Pasifik ke 11 Tahun 2019 dengan poin 298. Juara kedua diraih peserta asal Filipina Ali Mamalinta Sandingan dengan poin 293 dan Aldi Fahmi Mustafa, asal Indonesia dengan poin 291.
 Ketua Dewan Hakim Juri dalam ajang tahunan ini adalah adalah Imam Masjid Haram, Dr.Abdullah Awwad Al Johani.
Di podium, Rizki menerima hadiah dan ucapan selamat dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Wakil Resmi Yang Mulia Pangeran Khalid Bin Sultan Bin Abdul Aziz Ulu Su'ud, Al Syeikh Soleh Ibrahim Al Khleifi, serta Imam dan Khatib Masjidil Haram Syaikh Dr Abdullah Awwad Al Johani.  
Usai turun dari podium, dengan mata berkaca-kaca, ia memegang hadiah yang tertera tulisan bahasa arab SAR 19,500 + Haji dan kalimat The First Winner For Twenty Juz Competition. Rizki Maulana yang ditemui  di sela-sela jamuan makan malam mengatakan raihan Juara I hafalan 20 juz yang ia peroleh semata-mata atas kehendak Allah SWT.
"Berkat Alquran dan kehendak Allah, saya mendapat juara I hafalan 20 juz MHQH tahun ini. Saya berterima kasih kepada guru-guru saya, orang tua dan semua teman yang mendukung. Saya sangat bahagia sekali dan saya tidak pernah menyangka bisa mendapat juara," ujar Rizki yang malam itu mengenakan jas hitam dan baju kemeja putih. 
Remaja kelahiran Medan, 23 Januari 2000 yang juga alumni MAN 1 Kota Medan ini mengaku sudah mengenal Alquran sejak kecil. Ia menceritakan pengalamannya menghafal Alquran 30 juz selama tiga tahun. Pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXVII Sumatera Utara tahun 2018, Rizki Maulana juga berhasil menjadi peserta hafizh terbaik kategori 10 juz. Rizki yang mewakili kafilah Sumatera Utara meraih nilai 98,83. 
Gelaran tahunan yang merupakan hasil kerjasama atase Agama Arab Saudi di Jakarta dan Kementerian Agama yang diikuti peserta dari beberapa negara kawasan ASEAN dan Pasifik tersebut ditutup Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menag Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (14/03).
Dalam MHQH tahun ini, peserta asal Indonesia menyapu bersih juara satu untuk semua cabang perlombaan. Ada empat kategori hafalan Al Quran, yaitu: 30 juz, 20 juz, 15 juz, dan 10 juz, serta satu kategori hafalan hadist. (hud)
×
Berita Terbaru Update