Mahir Berbahasa Membawa Spartan ke Amerika


HAJIMAKBUL.COM - Pemuda pintar kreatif inovatif dan berprestasi menjadi kebangaan bangsa. Khususnya kebanggaan orang tua dan sekolah tempatnya menimba ilmu. Hal itu pula saat spartan mengukir prestasi tingkat nasional. Bahkan sekarang akan ke Amerika Serikat.

Orang tua siswa MAN 1 Karanganyar ini sangat bangga sebab anaknya akan dikirim ke Amerika selama setahun untuk mengikuti program YES (Yourt Exchange and Study).  Rasa bangga membuncah pada diri orang tuanya. Inilah buah mendidik anak dengan baik.

Spartan lahir 2 Januari 2002. Sekarang pemuda ini duduk di kelas XI IPS MAN 1 Karanganyar Jawa Tengah.

Selain aktif sebagai atlet Taekwondo, Spartan  juga memiliki kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata siswa lain di daerahnya. Putra dari pasangan Sigit Purwanto dan Rini Puji Astuti ini pernah meraih sejumlah kejuaraan di bidang Taekwondo tingkat nasional. Sesuatu yang membuat orang tuanya sangat bangga 
Kepala MAN 1 Karanganyar, Lanjar Utami, mengisahkan bahwa Spartan pernah meraih juara 3 Kejurnas PPLP Taekwondo tahun 2018 di Lombok NTB.  Semua karena dia  mempunyai kemampuan unik, yakni bercerita (storytelling). 
Lo kok bisa?
"Ya, Spartan  juga pernah menyabet juara 1 Storytelling TK/Pelajar di IAIN Surakarta 2018,” tutur Lanjar Utami, Selasa (19/03/2019).
Spartan tergolong siswa yang memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Contohnya saat pergelaran Mentara Cultural Art yang diadakan oleh OSIS MAN 1 Karanganyar. Ketika itu Spartan menyanyikan lagu dengan 10 bahasa, di antaranya Inggris, Jepang, dan German.
“Karena kemampuannya berbicara dengan baik dan kemampuan bahasa Inggrisnya yang bagus, ia terpilih sebagai salah satu peserta Program Pertukaran Pelajar, AFS Intercultural Program yang dinamai dengan YES (Youth Exchange and Study),” kata Lanjar Utami
Spartan terpilih melalui serentetan seleksi yang sangat ketat. Ia salah satu dari 80 pelajar di Indonesia yang akan mengikuti program ini selama kurang lebih setahun.
Lanjar Utami mengungkapkan, saat ini ia sedang mempersiapkan keberangkatannya ke Amerika mulai dari cek kesehatan, passport, visa, dan urusan administrasi lainnya. Semua biaya ditanggung oleh US Departement of State.
Selanjutnya r Spartan dijadwalkan berangkan ke Amerika pada tanggal 5 Agustus 2019 dan pulang ke Indonesia pada bulan Juni 2020.  Selamat untuk Spartan. Bangsa Indonesia menunggu orang seperti Spartan yang lain. Pemuda yang unik, pintar, kreatif dan inovatif. (hud)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mahir Berbahasa Membawa Spartan ke Amerika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel