Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rumah Sedekah NU Gelar Manasik Umrah Bersama Anak Yatim

Monday, January 23, 2023 | 05:16 WIB Last Updated 2023-01-22T22:18:03Z

 



HAJIMAKBUL.COM - Rumah Sedekah NU dan Biro Umrah PT Kautsar Wisata, melaksanakan manasik pelaksanaan Ibadah Umrah bersama anak yatim. Manasik dilaksanakan di gedung rektorat lantai 4 kampus Universitas Islam Malang (UNISMA) yang diikuti oleh seluruh peserta umrah yaitu anak yatim, mitra Rumah Sedekah NU, dan Inisiator Rumah Sedekah NU, KH Noor Shodiq Askandar. Umrah bersama anak yatim ini dilaksanakan 12 hari yaitu mulai tanggal 4 Februari 2022 sampai tanggal 15 Februari 2022.

Acara manasik dimulai dengan pembukaan berupa sambutan dari Inisiator Rumah Sedekah NU dan perwakilan Biro Umrah PT Kautsar Wisata Malang. "Umrah adalah undangan dari Allah SWT, sehingga kita termasuk anak yatim yang berangkat ini diundang oleh Allah SWT untuk menunaikan ibadah umrah di tanah suci. Maka karena Allah yang mengundang, maka Allah SWT juga menjamin kita yang berangkat dan keluarga yang ditinggalkan. Kita beserta mitra Rumah Sedekah NU akan menjaga anak-anak yatim selama pelaksanaan umrah nanti. Semoga program ini berkah untuk semua peserta dan panitia yang ikut mengurus semua keperluan program umrah," jelas Gus Shodiq, panggilan akrab  KH Noor Shodiq Askandar, dalam sambutannya. 

Sementara itu perwakilan biro umrah menyampaikan bahwa manasik ini nantinya untuk mempersiapkan peserta sehingga bisa menjalankan ibadah umrah dengan lancar. Biro umrah menyampaikan terima kasih kepada Rumah Sedekah NU dan Mitra yang sudah mempercayakan biro untuk mengawal program umrah bersama anak yatim ini. 

"Ibadah umroh memang bukan pengganti haji namun pahala umroh sama dengan ibadah haji yaitu Surga. Semoga ibadah umroh bersama anak yatim ini lancar dan semua peserta diberi kesehatan dan keselamatan," sambut KH Ali Ashari, M.Pd. ketika membuka bimbingan manasik umrah.

Acara manasik dilanjutkan dengan penjelasan pokok-pokok materi bimbingan manasik umrah termasuk didalamnya penjelasan mengenai tata cara memakai busana ihram. Setelah penjelasan pokok-pokok materi, semua peserta melaksanakan manasik atau praktik langsung rangkaian ibadah umrah oleh semua peserta umrah dengan dibimbing oleh KH. Ali Ashari, M.Pd. 

Rangkaian ibadah umrah itu meliputi rukun umrah yaitu: niat/ihram, tawaf, sa'i, tahallul, tertib. Semua peserta melaksanakan manasik sampai selesai dengan bimbingan dari biro umrah. Acara ditutup dengan makan bersama seluruh peserta umrah dan panitia.

"Program umroh bersama anak yatim ini merupakan salah satu program besar dari Rumah Sedekah NU, dimana kita bisa umroh dengan guru kita Gus Shodiq dan anak yatim. Sebelumnya, anak yatim ini sudah melalu proses seleksi sehingga terpilih 9 anak yatim. Harapannya umroh ini, lancar dan berkah manfaat untuk kita semua," kesan Agus Susanto, salah satu peserta sekaligus mitra Rumah Sedekah NU yang juga menjadi Koordinator kegiatan ini. 

Acara manasik berjalan lancar hingga akhir dan harapannya ketika umrah semua peserta dapat melaksanakan semua rukun umrah dengan sempurna. Aamiin. (gas)
×
Berita Terbaru Update